Waspada Gelombang 2,5 Meter di Empat Wilayah Laut NTT

lustrasi Gelombang Tinggi.
lustrasi Gelombang Tinggi. (Foto/istockphoto)

KUPANG,MENITINI.COM-Gelombang setinggi 2,5 meter yang berpeluang melanda empat titik wilayah laut Nusa Tenggara Timur (NTT) selama beberapa hari ke depan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadainya.

“Potensi gelombang setinggi 1,25-2,5 meter perlu diwaspadai, karena berisiko tinggi terhadap pelayaran perahu nelayan maupun kapal tongkang,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang BMKG, Syaeful Hadi ketika dikonfirmasi berkaitan dengan peringatan dini cuaca maritim di perairan laut NTT yang berlaku 5-7 Oktober 2022 di Kupang, Rabu dikutip ANTARA.

Keempat titik wilayah perairan yang berpotensi dilanda gelombang 2,5 meter atau gelombang sedang, yaitu Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Selat Alor-Pantar, dan perairan Kupang-Rote.

BACA JUGA:  Heboh Pick Up Tercebur ke Sawah, 10 Penumpang Jadi Korban

Selain itu, terdapat satu wilayah laut yang berpeluang dilanda gelombang tinggi (2,5-3,0 meter), yaitu Samudera Hindia selatan Sumba Sabu.

Syaeful mengimbau para nelayan maupun operator kapal agar meningkatkan kewaspadaan ketika melintasi wilayah perairan tersebut agar terhindar dari ancaman atau bahaya. Lebih lanjut, ia menjelaskan, selain gelombang sedang, kondisi sinoptik menunjukkan arah angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur ke Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 20 knot.

Kecepatan angin lebih dari 15 knot, kata dia, juga berisiko tinggi terhadap pelayaran perahu nelayan, sehingga perlu diwaspadai. Syaeful mengimbau para nelayan serta operator kapal agar terus memperbarui dan mencermati informasi cuaca maritim dari BMKG sebagai referensi untuk mendukung kegiatan pelayaran yang aman dan lancar.

BACA JUGA:  Sebanyak 28 Bangunan Rusak Akibat Gempa M 4,8 Karangasem

Sumber: ANTARA