Vanessa Angel Divonis Lima Bulan

SURABAYA, MENITINI.COM Artis cantik Vanessa Angel divonis bersalah dalam kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terkait penyebaran konten asusila. Majelis hakim PN Surabaya menjatuhkan hukuman lima bulan penjara.

Hal itu tertuang dalam putusan hakim PN Surabaya, Rabu (26/6). Selain hukuman 5 bulan, majelis hakim tidak mejatuhi Vanessa dengan denda atau subsidair hukuman.
“Mengadili Vanesza Adzania alias Vanessa Angelia Adzan alias Vanessa Angel terbukti secara sah dan menyakinkan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan. Menjatuhkan pidana kepada Vanessa dengan pidana selama lima bulan,” kata
Ketua Majelis Hakim Dwi Purwadi

BACA JUGA:  UPDATE Banjir Bandang Waiwerang-Ileboleng: Korban Tewas 67 Orang, 27 Sudah Ditemukan

Vanessa disebut terbukti bersalah dan melanggar pasal 27 ayat (1) juncto Pasal 45 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Vonis tersebut lebih ringan sebanyak satu bulan dari tuntutan yang diajukan oleh jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati) Jatim.

Menanggapi tuntutan tersebut, Vanessa kemudian berkonsultasi dengan tim kuasa hukum yang diketuai oleh Milano Lubis. Ia mengatakan vonis hukuman 5 diterimanya dan tak mengajukan banding. “Menerima yang mulia,” kata Vanessa, kepada hakim, menanggapi putusannya.

Sementara itu, di sisi lain, JPU mengaku masih pikir-pikir dengan vonis hakim tersebut. Hal itu diungkapkan oleh salah satu JPU Kejati Jatim, Novan Arianto. 

BACA JUGA:  Terkumpul Rp 5 Miliar, Kado Natal untuk Ribuan Guru Honorer

Menurutnya ada beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan landasan jika jaksa hendak mengajukan banding atas vonis hakim terhadap Vanessa. Pertama, vonis lima bulan tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa, yakni enam bulan. poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*