Timnas Indonesia U-17 Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023

JAKARTA,MENITINI.COM-Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 usai dikalah Malaysia U-17 dengan skor 1-5, Minggu (9/10/2022) malam WIB. Timnas Indonesia terlempar dari persaingan enam runner-up terbaik yang berhak lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Gol pertama Malaysia dicetak Zainurhakim pada menit ke-17. Setekah itu, Aramy Wafiy membuat brace pada menit ke-19 dan 39. Satu gol Malaysia lainnya dicetak Afiq Danish pada menit ke-27. Gol hiburan Timnas Indonesia dicetak Arkhan Kaka. Hasil ini membuat Malaysia menjadi juara Grup B dengan 10 poin. Tim racikan pelatih Osmera bin Omaro dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-17.

BACA JUGA:  Piala Asia 2023, Skuad Garuda Kalah 1-3 Kontra Irak

Sementara, Indonesia menjadi runner-up Grup B dengan meraih sembilan poin. Ketika pertandingan melawan Malaysia baru selesai digelar, Timnas Indonesia U-17 sejatinya masih punya peluang lolos dengan status runner-up terbaik. Namun, Garuda Muda masih harus menanti hasil dari grup lain.

Timnas Indonesia awalnya menempati peringkat enam klasemen runner-up terbaik. Tim asuhan Bima Sakti meraih tiga poin, dengan memiliki selisih gol -3.

Namun, Timnas Indonesia U-17 harus melorot ke peringkat ketujuh setelah negara ASEAN lainnya, Laos secara luar biasa sukses mengalahkan tuan rumah Kirgistan 2-1. Laos pun menggusur Timnas Indonesia di tabel klasemen.

Ada hitung-hitungan yang cukup menarik untuk menentukan runner-up terbaik. Sebab, jumlah peserta tiap grup tidak sama. Di Grup B, ada lima negara yang bersaing. Di Grup H, hanya tiga negara yang bersaing. Penentuan poin runner-up terbaik mengikuti situasi pada grup dengan peserta paling sedikit (salah satunya Grup H). Jadi, hanya poin dari dua laga yang dihitung pada klasemen runner-up terbaik. Hal ini agar tercipta situasi yang sama dalam jumlah pertandingan.

BACA JUGA:  Tampil Luar Biasa, Mali Permalukan Argentina 3-0, Raih Perunggu Piala Dunia U-17 Indonesia

Pada grup yang terdiri dari empat tim, maka hasil melawan tim peringkat keempat tidak dihitung. Sementara, pada grup dengan lima tim, seperti grup Timnas Indonesia U-17, hasil lawan tim posisi keempat dan kelima tidak dihitung.

Artinya, kemenangan Indonesia lawan Guam dengan skor 14-0 tidak dihitung pada klasemen runner-up terbaik. Sebab, Guam berada di posisi ke-4 klasemen dan tidak bisa naik ke posisi ketiga.

Selain perhitungan seperti yang sudah diuraikan di atas, ada beberapa aturan lain untuk menentukan klasemen runner-up terbaik. Jumlah poin jadi indikator pertama penentuan posisi di klasemen.

Sumber: Bola.net