Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 1 Orang Nelayan, Desa Ubung

Ahmad Siompo, ditemukan Tim SAR Gabungan sekitar 4 mil di perairan Kecamatan Waplau, Kabupaten Buru.
Ahmad Siompo, ditemukan Tim SAR Gabungan sekitar 4 mil di perairan Kecamatan Waplau, Kabupaten Buru.

AMBON, MENITINI.COM-Tim SAR Gabungan yang terdiri dari personil KP.XVI-1008, Polairud Polres Buru dan Basarnas Namlea, berhasil menemukan Ahmad Siompo, seorang nelayan dari Desa Ubung, Kecamatan Lilialy, Kabupaten Buru, dengan selamat, Jumat (22/7/2022).

Pria paruh baya ini ditemukan terombang-ambing bersama perahunya yang mengalami kerusakan mesin pada titik koordinat 3° 4.402″ S- 126° 57.939″ E atau sekitar 4 mil di laut perairan Kecamatan Waplau, Buru, sekira pukul 14.00 WIT.

Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rosyid SIK, mengungkapkan, korban terombang-ambing karena mengalami kerusakan mesin. Baling-balingnya (propeller) terlepas dan hilang.

“Personil KP.XVI-1008 mendapat informasi dari Basarnas Namlea bahwa ada laporan dari anggota TNI AD (Ahmad Saridu) bahwa korban mengalami kerusakan mesin,” kata Rosyid.

BACA JUGA:  Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Pasaman Barat Sumbar

Korban diketahui pergi melaut sekira 05.00 WIT. Tiga jam berlalu, ia kemudian menghubungi saudaranya lewat handphonenya untuk meminta bantuan. Sebab, propeller mesinnya jatuh.

Mendapat info itu, tim SAR Gabungan kemudian dikerahkan sekitar pukul 09.00 WIT. Mereka melakukan pencarian di perairan desa Ubung.

“Pukul 14.00 WIT tim SAR gabungan berhasil menemukan korban di perairan Waplau. Selanjutnya mengevakuasi korban dan dibawa kepada keluarganya,” ungkapnya. (M-009)