Terbitkan 378 Surat Rekomendasi Penerbitan Air Bawah Tanah, Begini Dalil Pejabat Perumda Tirta Mangutama

BADUNG, MENITINI.COM-Sejak diberlakukannya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 3 Tahun 2023 tentang Penataan Perizinan dan Persetujuan Bidang Sumber Daya Air, Perumda Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung telah menerbitkan 378 surat rekomendasi. 

Penerbitan ratusan surat rekomendasi  secara otomatis berpengaruh terhadap pendapatan dari Perumda, karena kondisi pelanggan yang meningkat. 

Kabag Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Mangutama, I Putu Wawan Widnyana  menjelaskan, hingga saat ini pihaknya telah menerbitkan 378 surat rekomendasi kepada perusahaan yang hendak mengurus izin ABT. 

Rekomendasi itu merupakan syarat awal  pelaku usaha untuk mengurus perizinan terhadap pemakaian ABT.

Kondisi itu berpengaruh terhadap pendapatan dari Perumda. Dengan diharuskan ABT menggunakan rekomendasi dari Perumda, pihaknya secara tidak langsung memiliki tantangan  menyiapkan keperluan air yang diperlukan pelaku usaha. 

BACA JUGA:  Porsenijar Badung 2024 Resmi Dibuka

Khususnya, pelaku usaha di sektor hotel dan vila. “Sampai saat ini 378 surat telah dikeluarkan, hampir semuanya sudah menjadi pelanggan optimal dalam menggunakan air kami,” ucapnya.

Ia tidak menampik dari 378 rekomendasi yang sudah dikeluarkan itu tidak seluruhnya menjadi pelanggan Perumda. Namun sebagian besar sudah  menjadi pelanggan Perumda.  “Supaya ada kepastian agar penggunaan ABT sesuai  regulasi yang berlaku,” tandasnya. (M-003)

  • Editor: Daton