Sekilas Tentang TPST Samtaku Jimbaran

Menko Marinvest LBP didampingi Gubernur Koster dan Bupati Giri Prasta meninjau proses pengolahan TPST Samtaku sebelum diresmikan.

JIMBARAN, MENITINI Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sampah Tanggung Jawabku (Samtaku) Jimbaran berdiri diatas lahan seluas 50 are. Berlokasi di Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali.

TPST Samtaku Jimbaran, bernaung dibawah bendera PT Reciki Mantap Jaya (Remaja). PT Remaja ini konsorsium dari PT Reciki Solusi Indonesia, PT Jimbaran Lestari dan Bali Waste Cycle (BWC)

Dalam sehari atau selama 8 jam dengan satu shift dapat mengolah sampah seberat 120 ton. Dan TPST Samtaku Lamongan hanya 60 ton per hari

TPST Samtaku Jimbaran mengusung konsep pengolahan sampah zero to landfiel (tak lagi terbuang ke TPA). Semuanya terolah dengan baik melalui proses.

BACA JUGA:  TPA Suwung dan Sampah Laut Bali Jadi Tantangan KTT G20

Metode pengolahan di TPST Samtaku Jimbaran menerapkan teknologi tepat guna produk anak bangsa. TPST Samtaku Jimbaran menghadirkan teknologi tepat guna dalam mengelola sampah yang sangat baik tanpa harus dibuang ke TPA lagi.

Pulau Bali memiliki problem besar masalah sampah yang hingga kini belum dikelola dengan baik. Oleh karena itu, kahadiran teknologi tersebut merupakan solusi yang bisa diadopsi oleh pemerintah daerah di wilayah Pulau Bali.

Untuk mengatasi dan mengendalikan sampah di Bali dan daerah lain di Indonesia pemerintah daerah bisa melakukan kerjasama dengan pihak TPST Samtaku Jimbaran untuk mengembangkan teknologi tersebut di wilayahnya masing-masing

Seperti diketahui program Samtaku dengan teknologi tepat guna pengolahan sampah sudah berjalan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Dengan terbangunnya TPST ini di Jimbaran tentu sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi sampah Bali.

BACA JUGA:  Bersyukur Ditengah Pandemi, Advokat Ini Bagikan Ratusan Paket Sembako Kepada Warga

Skema kerjasama ini yang perlu dikembangkan di sejumlah daerah antara masyarakat, swasta, dan pemerintah.

TPST Samtaku di Desa Jimbaran Kecamatan Kuta Selatan melayani enam desa dengan kapasitas 120 ton per hari. Enam desa itu yakni Jimbaran, Kedonganan, Kelan, Bualu, Tanjung Benoa, Kutuh. Sementara Desa Pecatu tidak termasuk.poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*