Seabrek Objek Wisata di Jembrana Bali yang Perlu Dikunjungi

Salah satu pantai di Jembrana.
Salah satu Objek pantai di Kabupaten Jembrana. (Foto: M-011)

Kabupaten Jembrana, adalah satu dari sembilan Kabupaten dan Kota yang ada di Propinsi Bali, terletak di belahan barat pulau Bali, membentang dari arah barat ke timur pada 8°09’30” – 8°28’02” LS dan 114°25’53” – 114°56’38” BT. Kabupaten Jembrana menyimpan seabrek objek wisata yang bisa menjadi referensi saat liburan ke Bali.

Dilansir dari laman jembranakab.go.id, ini beberapa objek wisata di kabupaten yang terkenal dengan tradisi Makepungnya.

Desa Sangkaragung

Desa Sagkaragung terletak di Kecamatan Negara kurang lebih 5 Km kearah timur kota Negara. Di ini terdapat pusat kesenian khas Jembrana yang disebut dengan nama Jegog. Desa Sangkaragung terkenal di dunia dengan kesenian Jegognya terutama di Jepang. Jegog Sangkaragung tampil di Jepang setiap tahunnya lebih dari tiga kali. Sedangkan didesa Sangkaragung sendiri Jegog dipentaskan untuk wisatawan setiap hari Minggu dan Kamis di Sanggar Jegog Suar Agung. Wsatawan dapat belajar memainkan (menabuh) jegog di sanggar ini.

BACA JUGA:  Jembrana Raih Penghargaan Kategori Penilaian Kompetensi di BKN Award 2022

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat sebagai kawasan pelestarian alam, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan, penelitian, rekreasi dan menunjang budidaya. Ciri khas Taman Nasional Bali Barat adalah terdapatnya burung jalak Bali (Leucopsar rothschildi) yang dapat hidup di alam bebas hanya di Taman Nasional Bali Barat. Secara Administratif Taman Nasional Bali Barat Berada di kabupaten Jembrana dan Buleleng Propinsi Bali. Diantara bulan Desember hingga Maret curah hujan di wilayah ini cukup tinggi.

Flora

Beberapa type vegetasi adalah Hutan mangrove didominasi oleh tumbuhan Bakau (Rhizophora sp), Savana lontar didominasi oleh tumbuhan lontar (Borassus flabelier), Hutan Hujan, hutan musim yang didominasi oleh tumbuhan Pilang(Acasia Leucophloea).

BACA JUGA:  Panas Dingin Hubungan Tamba - Ipat, Bupati Lantik Pejabat, Wabup : Saya Tidak Tahu Sama Sekali

Fauna

Beberapa Satwa liar yang dapat diamati di Taman Nasional Bali Barat antara lain, Burung Jalak Bali (leucospar rothschildi), Banteng (Bos Javanicus), Kijang (Muntiacus Muntjak), Kancil (Tragulus Javanicus), Rusa (Cervus Timorensis), Kucing Hutan (Felis Bengalensis), Kera abu-abu (Macaca fascicularis), Kera Hitam (Presbytis Criscata), Jalak Putih (Stunus Melanopterus), Terucuk (Pycnonotus goiavier), Kepodang (Oriolus chinensis) Raja Udang (Halcyon Chloris).