Rabu, 29 Mei, 2024

Ryeo Un saat ini terbilang sebagai aktor yang sedang menanjak popularitasnya. Tahun ini saja dua drama yang ia bintangi tayang. Ia juga sudah dipastikan bergabung dengan produksi dua drama baru, di mana ia menjadi pemeran utama. Selain disukai rumah produksi, penggemarnya juga terus bertambah.

Salah satu yang khas dari pria yang lahir dengan nama Go Yoon-hwan ini, sejak debut tahun 2017 lewat drama Temperature of Love, ia kerap berperan sebagai sosok yang cerdas dan karismatik. Salah satunya dalam Twinkling Watermelon yang saat ini sedang tayang di Viu.  

Awal tahun 2023 aktor kelahiran 26 Agustus 1968 ini menjadi peran utama dalam drama saeguk berjudul The Secret Romantic Guesthouse. Di sini ia berperan sebagai Kang San, seorang putra mahkota yang terpaksa menyembunyikan diri. Karakter ini diceritakan cerdas, cerdik, bijak, sekaligus ahli ilmu bela diri. Dengan kemahirannya ia dengan lancar melalui tahapan-tahapan ujian untuk menjadi pengawal kerajaan.   

Dalam Through the Darkness, Ryeo Un berperan sebagai ahli komputer yang membantu detektif dan profiler. Perannya dalam drama ini memberinya penghargaan sebagai aktor baru terbaik SBS Drama Awards 2022.  

Sementara dalam 365: Repeat The Year (2020), Ryeo Un juga menjadi detektif yang berusaha memecahkan misteri yang melibatkan perjalanan waktu. Sementara dalam Doctor Prisoner (2019) dan Temperature of Love(2017)  dimana ia masih mendapat peran-peran kecil, Ryeo Un berhasil menampilkan karakter anak muda yang cerdas.

Pada drama Twinkling Watermelon yang sedang trending di Viu, Ryeo Un memerankan Han Eun-gyeol, murid kelas 11 yang kerap melepaskan stres dengan bermain gitar di area Hongdae, Seoul. Eun-gyeol pertama kali belajar gitar dari seorang kakek di sebuah toko musik. Ia ternyata memiliki bakat dan dengan cepat menguasai gitar. Kemahirannya sudah menyebar di area Hongdae, hingga suatu hari ia diajak bergabung dengan band SPINE 9.

Saat tampil, ia selalu mengenakan masker. Bukan karena konsep misterius, tapi ia menyembunyikan identitasnya agar tidak diketahui keluarga, terutama ayahnya. Selama ini ia selalu menyembunyikan kemampuannya bermain gitar dari keluarga. Tapi suatu hari rahasia itu terungkap juga. Oleh sang Ayah, Eun-gyeol dilarang meneruskan karier di dunia musik dan  fokus belajar agar bisa melanjutkan kuliah kedokteran.

Saat galau ingin terus bermusik atau menuruti keinginan ayahnya, Eun-gyeol terlempar dari tahun 2023 ke tahun 1995. Di sini ia bertemu ayahnya, Han Yi-chan saat seumurnya. Ternyata, ayahnya saat itu sedang mencari gitaris untuk membentuk band.

Di tahun 1995, remaja yang bermain musik dalam band dianggap keren. Han Yi-chan bertekad membentuk band untuk memikat gadis pujaan hatinya, seorang pemain cello, Choi Se-gyeong (diperankan Seol In-ah). Eun-gyeol yang terlanjur terdampar di tahun 1995 pun membantu ayahnya membentuk band sekaligus mencari ibunya. Tahu di masa lalu ayahnya tidak bisu tuli, Eun-gyeol juga bertekad untuk melindungi ayahnya dari kecelakaan yang membuatnya kehilangan suara dan pendengaran.  

Di tahun 2023, selain jenius bermain gitar, Eun-gyeol terkenal cerdas di bidang akademik. Bisa dibilang ia pelajar teladan. Ia selalu berada di peringkat atas sekolah, juga kerap memenangkan berbagai lomba kemampuan akademik. Ini bisa terlihat dari banyaknya piagam penghargaan yang ia miliki. Tak heran kedua  orang tuanya menggantungkan harapan  tinggi pada Eun-gyeol. Ia bagai trofi yang jadi kebanggaan keluarga. Sebuah harapan yang secara tak sadar memberi beban bagi Eun-gyeol.

Untuk perannya dalam  Twinkling Watermelon, Rye Un mengaku mesti banyak belajar, mulai dari belajar bahasa isyarat, bermain gitar, hingga menyanyi. Maklum semua itu harus ia perlihatkan sepanjang belasan episode. Ia bilang, semua itu ia pelajari dan latih terus menerus sebelum syuting dimulai. *

  • Editor: DRL