Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp 103 Miliar Pembangunan Tiga TPST di Denpasar

Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp103 Miliar
Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, mengecek lahan yang akan dibangun TPST di Tahura Suwung, Rabu (4/5). (M-IST).

DENPASAR, MENITINI Pemerintah pusat memberi perhatian ekstra untuk penanganan lingkungan dan pengolahan sampah di Pulau Bali menjelang puncak KTT G-20 Bulan Nopember 2022.
Tak tanggung tanggung pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR menggelontorkan dana Rp103 miliar untuk pembangunan tiga TPST di Kota Denpasar; TPST di Desa Kesiman Kertalangu, Desa Padangsambian Kaja, dan Tahura Suwung.
Untuk TPST Tahura Suwung Peletakan Batu Pertama 9 Mei 2022.

Adapun luas lahan yang dijadikan TPST ini mencapai satu hektar. Setengah hektar di sebelah utara jalan akan dijadikan rumah pengolahan kompos. Rencana pembangunan ini pun sudah dikonsultasikan Pemkot Denpasar dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPJP). “Tender fisik bangunan sudah berjalan dan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR. Untuk anggaran proyek fisik tiga TPST pagu DIPA Kementerian PU senilai Rp105 miliar,” kata Kabag Adbang Setda Kota Denpasar, I Gede Cipta Sudewa saat mendampingi Sekda Kota Alit Wiradana memantau lahan di Tahura Suwung, Kamis (5/5/2022).

BACA JUGA:  Gejala Baru Virus Corona: Tak Bisa Mencium Bau dan Mengecap Rasa, Tanpa Demam dan Batuk

Gede Cipta Sudewa menambahkan, pembangunan fisik TPST ini dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR.

Sementara pengelolaannya akan dilakukan oleh Pemkot Denpasar melalui APBD. Karena itu, pihaknya melakukan koordinasi semakin intensif dengan pihak-pihak terkait di wilayah Pesanggaran dan Serangan, seperti Kelian banjar, kepala lingkungan, maupun dengan kelompok pemulung di wilayah tersebut

Sementara Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, memastikan saat ini sudah tidak ada aktivitas pemulung di lahan yang akan dibangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Tahura Suwung, Denpasar Selatan.

Hal tersebut berdasarkan pemantauannya ke lokasi pada Rabu (4/5). Sebelumnya saat pemantauan 22 April 2022 lalu di lokasi tersebut masih ditemukan aktivitas pemulung. “Dalam waktu dekat pembersihan persiapan ground breaking yang direncanakan tanggal 9 Mei nanti. Tanggal 8 Mei dilakukan pengecekan kembali,” ujarnya sembari menekankan pentingnya pembangunan TPST untuk mengantisipasi rencana penutupan TPA Suwung yang saat ini kondisinya nyaris penuh. “Tahun ini Pemkot Denpasar akan membangun tiga TPST yang berlokasi di Desa Kesiman Kertalangu, Desa Padangsambian Kaja, dan Tahura Suwung,”katanya lagi

BACA JUGA:  BEM UI Beri Bantuan Beasiswa dari Hasil Konversi Sampah

Dengan dibangunnya 3 TPST tersebut serta TPS3R yang di beberapa desa/kelurahan diharapkan permasalahan sampah di Kota Denpasar dapat tertangani dengan baik.

“Apalagi menjelang penanganan sampah ini juga menjadi program prioritas Wali Kota Denpasar dan menjelang dilaksanakan KTT G20 yang bertempat di Bali, sehingga pengolahan sampah ini harus menjadi perhatian penting bersama,” kata Wiradana. M-003

.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*