Pemandangan Pantai Kuta Makin Indah, Empat Jenis Tanaman Perindang Bikin Teduh

Pemandangan Pantai Kuta Makin Indah, Empat Jenis Tanaman Perindang Bikin Teduh. (foto: ist)

KUTA, MENITINI.COM – Pemandangan Pantai Kuta akhir akhir ini makin indah. Penataan kembali Pantai Kuta ini viral di media sosial, karena mulai menunjukan image baru. Sejumlah tanaman palem phoenix (kurma) nampak berjejer di depan area relokasi Pasar Seni Kuta, hingga mengesankan pemandandangan layaknya seperti di luar negeri

Pemandangan itu membuat wajah pantai Kuta menjadi lebih segar, ditambah dengan adanya jalan paving jogging track yang berada di sebelah lokasi pohon. Hal itu diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan pasca pandemi  sehingga roda perekonomian masyarakat segera bangkit dan berputar seperti sedia kala.

Viralnya kondisi itu membuat warga senang, bahkan tidak jarang mereka datang melihat langsung kondisi tersebut. Salah satu diantaranya warga Legian, bernama Ketut Sentanu ‘Gilax’. Ia mengaku senang melihat wajah Pantai Kuta saat ini yang mulai menunjukan pesonanya, seiring penataan Pantai Samigita (Seminyak, Kuta, dan Legian).

BACA JUGA:  Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan
Peluncuran Tagline #GILAsSampah di Pantai Jerman

Ia berharap penataan tersebut dapat kembali membangkitkan kondisi kunjungan wisata yang terpuruk akibat pandemi.  “Pohon palem ini seolah membuat Kuta berbeda dibandingkan sebelumnya. Lebih fresh, pemandangannya indah, apalagi saat sunset. Pantai Samigita telah berbenah, dan siap menyambut wisatawan,”katanya dikutip Surat Kabar POS BALI Selasa (27/9/2022).

Penataan Pantai Samigita dambaan masyarakat sejak dulu, seiring pesatnya perkembangan obyek wisata di tempat lain. Ia berharap tanaman palem nanti bukan hanya di Kuta, melainkan juga di Pantai Legian dan Seminyak. “Sejauh ini saya lihat baru di titik depan pasar seni yang ditanam pohon palem. Saya harap di Legian, Kuta, dan Seminyak. Sebab itu menjadi daya tarik tersendiri, disamping penataan lain yang dilakukan di Pantai Samigita,” harapnya.

BACA JUGA:  Diskriminatif, Kebijakan Zona Hijau, Praktisi : Kuta Penyangga Bandara Diabaikan

Dikonfirmasi terpisah, Project Manager Tunas Jaya Sanur Bianglala KSO, I Nyoman Agus Sandika membenarkan spot di depan titik relokasi Pasar Seni Pantai memang mulai dipasangi pohon perindang, yaitu pohon kurma. Ke depan Pantai Samigita memang dilengkapi pohon perindang, namun tidak secara keseluruhan. Titik tersebut lebih menyasar pada kawasan yang memang ramai dikunjungi wisatawan, seperti di area perbatasan Pantai Kuta, area depan Pura Segara Kuta, Candi Bentar Pantai Legian, beberapa di Pantai Jerman dan Pantai Sekeh Kuta, serta di kawasan Pantai Double Six Seminyak.

Namun hal itu tergantung anggaran dan space area yang memungkinkan untuk ditanami. “Hanya ada beberapa spot area yang akan ditanami, dengan mempertimbangkan space area di kawasan. Sebab tidak semua memungkinkan ditanami tanaman, karena keterbatasan space,” ucapnya.

BACA JUGA:  Lunas Bookingan Hotel 4 Hari Jadi Syarat Bebas Karantina di Bali

Sebenarnya, ada 4 jenis tanaman yang nantinya ditanam di Pantai Samigita. Yaitu jenis pohon kurma, palm kenari, body (ancak), dan dua pohon baobab. Jenis tanaman yang akan ditanam kebanyakan jenis tanaman palem kenari dan kurma, dengan sebagian besar berpusat di wilayah Kuta dan Legian. Sedangkan pohon bobab akan berada di candi bentar utama Pantai Kuta dan Perbatasan Pantai Kuta-Legian. Pohon tersebut akan menjadi pohon ikonik dari Pantai Kuta.M-003