Pastikan Keamanan Nataru, Kapolda Bali Cek Pelabuhan Gilimanuk

JEMBRANA,MENITINI.COM-Bertepatan dengan libur nasional menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 arus kendaraan di penyebrangan di Selat Bali diprediksi akan terus meningkat.

Hal serupa juga diprediksi akan terjadi  saat  arus balik  kedatangan wisatawan domestik usai  liburan di Pelabuhan Gilimanuk. 

Untuk memastikan pengamanan berjalan dengan lancar, Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra didampingi Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, serta General Manager ASDP Cabang Ketapang Syamsudin memantau persiapan pengamanan di Pelabuhan Gilimanuk.

Ditemui usai pemantuan, Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra mengatakan, pengecekan kesiapan Pelabuhan Gilimanuk dalam rangka Operasi Lilin Agung untuk hari Natal dan menjelang tahun baru, hal tersebut untuk mempersiapkan wisatawan yang akan berlibur di Bali.

BACA JUGA:  Antisipasi COVID-19 Jelang Nataru, Kemenkes Tekankan Masyarakat Lengkapi Vaksinasi

“Untuk mengantisipasi kemacetan dan antrean di Pelabuhan Gilimanuk itu sudah diantisipasi oleh posko, dan di rapat sektoral kita sudah jelaskan menyangkut penambahan kapal, penyebrangan, menyangkut kantong-kantong parkir yang sudah kita siapkan, dan juga perpaduan dari pada lintas sektoral, untuk bersama-sama nanti mengatur tentunya dari Gilimanuk sampai tujuannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dirinya memprediksi saat arus balik kemungkinan arus kendaraan akan lebih padat di Pelabuhan Gilimanuk. Pihaknya sudah berkoordinasi bersama dengan lintas sektoral dan Forkopimda Jembrana, selain itu dari Polda Bali juga akan membackup personil.

“Kami menghimbau seluruh masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Bali untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban daripada situasi di penyebrangan atau di perjalanan. Berhati-hati dalam perjalanan jika ada hal-hal yang merugikan bisa melapor ke pos-pos area, dan juga berhati-hati di perjalanan terutama di malam hari mengingat jalan di Bali terlalu sempit tidak cukup lebar,” jelasnya.

BACA JUGA:  Petani dan Nelayan Andalan Siap Bersaing di Lomba KTNA 2024 Provinsi Bali

Sementara itu, General manajer PT. ASDP Cabang Ketapang Syamsudin menyebut penyeberangan lintas Selat Bali pada masa liburan Natal dan Tahun baru, setelah hari Raya Natal masih landai lancar. Dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang sempat terjadi kepadatan dari Selasa malam hingga Rabu pagi, tetapi sudah bisa terurai sehingga siang hari sepi.

“Diprediksi mulai hari ini (28/12), terjadi kepadatan yang masuk Bali hingga jelang malam tahun baru.   Sedangkan arus baliknya dimulai pada 1-4 Januari, kemudian pada 5 Januari sudah mulai menurun. Antisipasi kami arus balik nanti, sudah siapkan buffer zone di fasilitas parkir Gilimanuk. Pada saat terjadi kepadatan selasa malam sudah disimulasikan dan terbukti lancar. Ke depan akan ditetapkan sesuai dengan kondisi,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Bahagia Akhir Tahun, Bupati Tamba Bagikan Kupon Belanja pada Disabilitas

Selain itu, pihaknya juga telah menyediakan 53 unit kapal termasuk 4 kapal bantuan berukuran besar, sehingga bisa mengurai banyaknya kendaraan yang akan keluar Bali pada saat arus balik. “Tentu kita akan mengatur lebih baik lagi kendaraan yang akan masuk pelabuhan agar tidak ada antrean,” pungkasnya. (M-011)

  • Editor: Daton