Senin, 24 Juni, 2024

Paguyuban Bakta Bakti Pinandita Pura Pesimpangan Pulaki resmi dibentuk, Jumat (24/5) bertempat di wantilan Pura Pesimpangan Pulaki, Desa Kaliakah. (Foto: Istimewa)

JEMBRANA,MENITINI.COM-Komitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kemampuan  pemangku berdasarkan swadarmaning kepemangkuan,  Paguyuban Bakta Bakti Pinandita Pura Pesimpangan Pulaki resmi dibentuk, Jumat (24/5/2024) bertempat di wantilan Pura Pesimpangan Pulaki, Desa Kaliakah.

Diketuai Jero Mangku I Komang Sukadana paguyuban pinandita ini dibentuk untuk mewadahi para pemangku sehingga terus  meningkat secara  kualitas dalam pengabdianya ngerestiti bhakti kepada Hyang Widhi Wasa.

Diharapkan, para pemangku dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan serta penguatan materinya.  Diantaranya belajar pailen upakara, pembelajaran pembacaan puja mantra, aksara.

Sedangkan lainnya, untuk  meningkatkan  kapasitas menuju ke sulinggih dengan melibatkan Ide Mpu yang ada di Desa Kaliakah dan membuka paguyuban anak-anak.

Ketua paguyuban Bakta Bakti Pinandita Pura Pesimpangan Pulaki Jero Mangku I Komang Sukadana mengatakan, tujuan pengukuhan paguyuban bakta bakti pindandita ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kepemangkuan dalam menjalankan swadharma kepemangkuan sesuai  dresta dan budaya.

BACA JUGA:  Pretima di Pura Paibon Hyang Sedana Digasak Komplotan Pencuri

“Ini komitmen bersama, untuk  sama meningkatkan kesadaran kita sebagi makhluk ciptaan Ida Sang hyang Widhi Wasa.

Juga dengan memberikan sumbangsih terhadap alam, astungkara ida sanghyang whidi wasa mapica waranugraha rahayu sinareng sami,” ujarnya. 

Di sisi lain, Bendesa Adat desa adat Dharma Kerti desa kaliakah I Ketut Sugita mengapresiasi keberadaan peguyuban bakta bakti pinandita Pura Pesimpangan Pulak

“Hari ini sudah dikukuhkan,sehingga   patut kita apresiasi melihat para pemangku guyub rukun,” terangnya.

Ia juga berharap wadah ini kedepan mampu menjadi pembelajaran guna sekaligus membimbing meningkatkan sradh bhakti kita bersama kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa.

“Harapan kita melalui paguyuban dapat menjadi wadah sekaligus membimbing secara  bersama sama , bergotong-royong menjalankan swadarma dalam wujud bakti terhdap keberadaan pura diwilayah desa adat dharma kerti Kaliakah,” tutupnya.

BACA JUGA:  Wujudkan Pinandita Profesional, Intelektual, Moderat dan Penuh Pengabdian, Pesan Bupati Giri Prasta di HUT PSN Ke 25

Rangkaian pelaksanaan pengukuhan paguyuban Bakta Bakti Pinandita Pura Pesimpangan Pulaki diisi dengan penyerahan Surat Keputusan Pengukuhan dari Bendesa Adat Dharma Kerti kepada Ketua Paguyuban. *

Editor: Daton