Senin, 24 Juni, 2024

khasiat minyak zaitun dan demensia - freepik

DENPASAR, MENITINI.COM – Minyak zaitun merupakan primadona hidup sehat yang sulit tergantikan. Meski ada berbagai produk pangan dan inovasi lainnya, ia tetap konsisten. Salah satu hasil penelitian terbaru melaporkan bahwa mengonsumsi sekitar setengah sendok makan minyak zaitun per hari dapat mengurangi risiko kematian terkait demensia. Dan hebatnya, kualitas makanan tidak mempengaruhi manfaat dari minyak zaitun. Jadi bagaimana detailnya? Mari kita bahas!

khasiat minyak zaitun dan demensia – freepik

Studi Khasiat Terkait Demensia

Studi seputar khasiat minyak zaitun dan risiko kematian terkait demensia yang lebih rendah terbit dalam jurnal terbaru JAMA Network Open. Para peneliti menggunakan informasi dari dua kelompok prospektif besar di Amerika Serikat. Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi >7 gram minyak zaitun setiap hari (sekitar setengah sendok makan) memiliki tingkat kematian terkait demensia yang jauh lebih rendah dibandingkan yang lain.

BACA JUGA:  Berolahraga di Malam Hari Saat Ramadhan? Ini Tipsnya!

Ada total 92.383 peserta dalam penelitian ini. Kelompok peserta terdiri dari 65% perempuan dengan usia rata-rata 56 tahun. Para peneliti melakukan tindak lanjut selama 28 tahun. Alhasil, yang mengkonsumsi >7 gram sehari menunjukkan asupan kalori lebih tinggi tetapi BMI lebih baik, pola makan lebih berkualitas, lebih aktif secara fisik dan menurunkan risiko merokok. Artinya ada korelasi positif antara mengonsumsi lemak yang menyehatkan jantung seperti minyak zaitun dan peningkatan kesehatan otak.

Manfaat Lain Minyak Zaitun

Sebuah penelitian pada tahun 2022 menggunakan data kohort, menunjukkan asupan minyak zaitun yang lebih tinggi terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit neurodegeneratif, dan kematian penyakit pernapasan yang lebih rendah. Studi serupa juga menunjukkan risiko diabetes yang lebih rendah karena asupannya lebih tinggi dalam diet.

BACA JUGA:  Klaim Minyak Merah Lebih Sehat, Mari Cek Faktanya!

Ada begitu banyak penelitian yang menunjukkan beragam manfaat kesehatan dari minyak zaitun, jadi semua orang bisa mendapat manfaat harian yang baik. Namun, mengganti 100% bukanlah kewajiban. Mentega tetap mempunyai tempat sendiri dalam resep dan aplikasi tertentu, jadi boleh saja tetap kita pakai sesuai kebutuhan. Namun cobalah menjadikan sebagai prioritas Anda untuk menu yang memungkinkan.

Bagaimana Dengan Suplemen Zaitun?

Untuk mempermudah, saat ini banyak beredar zaitun dalam bentuk suplemen. Sayangnya mengonsumsi suplemen minyak zaitun tidak disarankan karena manfaatnya sudah jauh berkurang dibanding produk alaminya. Ukuran porsi dan efektivitas minimum dalam sebuah suplemen mungkin sulit kita bandingkan dengan setara supaya mendapatkan manfaat yang sama dari produk alaminya.

BACA JUGA:  Menghitung Langkah vs Durasi Olahraga, Pilih Mana?

Suplementasi zaitun memang aman, tetapi penting untuk dicatat bahwa Anda tidak akan mendapatkan manfaat apa pun jika menambahkan suplemen ke dalam pola makan yang tidak sehat. Mungkin manfaatnya lebih terasa pada pola makan yang sehat tapi tidak terlalu signifikan. Menyimpulkan dari penelitian ini, risiko terendah adalah dari mengonsumsi minyak zaitun alami bersamaan dengan pola makan sehat. Jadi perubahan terjadi dari kedua sisi, tidak hanya mengandalkan fungsi zaitun tanpa perbaikan pola makan dan gaya hidup. (M-010)