Jumat, 12 Juli, 2024

LLV Menandatangani Aliansi Strategis dan Kemitraan Kolaboratif dengan IHK Berlin. (Foto: Ist)

JAKARTA,MENITINI.COM-Sinar Mas Land melalui Living Lab Ventures (LLV) mengumumkan aliansi strategis dan kemitraan kolaboratif dengan The Berlin Chamber of Commerce and Industry (IHK Berlin). Dalam kolaborasi ini, LLV akan menjadi mitra go-to-market di BSD City, khususnya bagi perusahaan-perusahaan di bawah IHK Berlin yang ingin berekspansi ke Indonesia. Prosesi penandatanganan secara simbolis dilakukan oleh Bayu Seto (Partner of Living Lab Ventures) dan Tim Schneider (Public Affairs Manager IHK Berlin) pada tanggal 8 September 2023 di BSD City.

IHK Berlin adalah sebuah organisasi kota yang terdiri dari berbagai bisnis dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendorong kepentingan perusahaan-perusahaan lokal maupun internasional yang beroperasi di Jerman. IHK Berlin bertanggung jawab dalam melindungi kepentingan bisnis, berbagi pengalaman bisnis, berhubungan dengan pemerintah, masyarakat sipil, media lokal & pers, serta mengorganisir pameran dagang & acara lainnya.

“Ini adalah suatu kebahagiaan besar bagi kami telah disambut dengan sangat hangat di BSD City. Mengingat tantangan besar yang dihadapi dunia kita saat ini, semakin penting bagi kita untuk menghadapinya bersama-sama lintas negara dan belajar dari satu sama lain. Dalam kesempatan ini, kami mengambil langkah besar ke arah tersebut melalui perjanjian kerja sama dengan LLV,” ujar Public Affairs Manager IHK Berlin, Tim Schneider.

Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dony Martadisata menyampaikan sangat bangga bahwa BSD City telah dipilih sebagai tuan rumah bagi sejumlah perusahaan, komunitas, sekolah, hingga beberapa universitas baik dari nasional maupun internasional selama beberapa dekade. Saat ini, perusahaan sedang mentransformasikan BSD City menjadi kota digital dan kami sangat terkesan dengan kota-kota besar di Jerman sehingga kami sangat antusias menyambut kolaborasi ini. Tentunya, kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk berkolaborasi dengan IHK Berlin karena keunggulan mereka dalam mentransformasikan kota pintar. Semoga kerja sama antara kedua perusahaan yakni Sinar Mas Land dan IHK Berlin ini dapat berkomitmen untuk berkontribusi bagi masyarakat yang lebih besar.”

Pada kesempatan itu, Partner of Living Lab Ventures, Bayu Seto menambahkan, “LLV berkomitmen untuk terus berkembang, oleh karena itu kami mencari kolaborasi dengan institusi global terkemuka. Kolaborasi dengan IHK Berlin ini akan memungkinkan kami untuk mencapai startup potensial dan perusahaan-perusahaan Jerman yang ingin masuk ke pasar Indonesia. Sebaliknya, hal ini juga akan memungkinkan perusahaan teknologi yang terdaftar dalam portofolio kami untuk memperluas bisnis mereka di Eropa.”

LLV merupakan corporate venture Sinar Mas Land di berbagai sektor agnostik. Fokusnya adalah tiga aspek teknologi utama yakni Smart Technologies, Digital Life, dan Mobility. Smart Technologies mencakup teknologi inovatif yang mendukung kehidupan perkotaan cerdas. Ini erat kaitannya dengan aspek Digital Life yang fokus pada teknologi terkait e-commerce dan jejaring sosial yang memiliki dampak besar pada kehidupan sosial. Terakhir, Mobility berfokus pada teknologi cerdas dalam pergerakan orang dan barang di dalam kota. (*)

  • Editor: Daton