Senin, 15 Juli, 2024

Timnas Indonesia melawan Irak dalam kualifikasi piala dunia 2026 pada laga pertama group F. (Foto: Dok. PSSI)

JAKARTA,MENITINI.COM-Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Irak pada laga pertama Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Basra Sport City Stadium, Kamis (16/11/2023). Irak menghajar Skuad Garuda dengan skor telak 5-1.

Irak membuka keunggulan pada menit ke-20 melalui Bashar Resan. Berselang 15 menit, Jordi Amat melakukan gol bunuh diri yang membuat Irak unggul 2-0.

Timnas Indonesia sempat membuka asa setelah Shayne Pattynama mencatatkan namanya di papan skor pada menit 45+3. Skor 2-1 untuk Irak menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia yang berusaha mencetak gol kedua untuk membuat kedudukan menjadi imbang justru kembali kebobolan untuk ketiga kalinya. Giliran Osama Rashid yang mencetak gol pada menit 61 sehingga skor menjadi 3-1.

BACA JUGA:  Kalah 0-2 Lawan Irak, Erick Thohir Minta Pelatih dan Pemain Harus Evaluasi

Di tengah situasi itu, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mencoba mengubah strategi. Dua pemain sekaligus dimasukan pada menit 76, yakni Pratama Arhan dan Witan Sulaeman untuk menggantikan Dendi Sulistyawan serta Marc Klok.

Namun, timnas Indonesia justru harus kebobolan dua kali lagi oleh para pemain Irak. Dua gol tambahan Irak dicetak oleh Youssef Amyn pada menit 81 dan Aldin El-Zubaidi menit 89.

Pada pertandingan lainnya dari Grup F, timnas Vietnam mengalahkan Filipina 2-0. Dua gol kemenangan Vietnam berasal dari Nguyen Van Toan (16′) dan Nguyen Bac Dinh (90+4).

Dengan hasil tersebut, Irak untuk sementara ini ada di peringkat pertama dengan 3 poin, disusul Vietnam di posisi kedua (3), Filipina (0) dan Timnas Indonesia (0). Selanjutnya, Timnas Indonesia akan bertemu Filipina dan Irak menantang Vietnam pada Selasa (21/9). *

  • Sumber: PSSI
  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Jelang Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Rumput Stadion GBK Jadi Perhatian PSSI