Kritikan kepada Timnas U-17 Indonesia, Bima Sakti Anggap Wajar

Pelatih Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti (kiri) dan bek tengah skuadnya Sulthan Zaky Pramana (kanan) memberikan pernyataan kepada media di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (9/10/2022). (Foto: ANTARA/Michael Siahaan)

BOGOR,MENITINI.COM-Pelatih tim nasional U-17 Indonesia Bima Sakti menganggap wajar kritik kepada timnya melalui media sosial setelah kalah 1-5 dari Malaysia pada laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Minggu (9/10/2022) malam.

“Saya pikir itu wajar. Kami meminta kepada pemain untuk menanggapi semuanya dengan positif,” kata Bima Sakti usai pertandingan, dikutip ANTARA.

Menurut juru taktik berusia 46 tahun tersebut, ketidakpuasan masyarakat atas performa timnas U-17 tidak lepas dari adanya rindu akan prestasi tinggi sepak bola Indonesia.

Oleh sebab itu, Bima Sakti berharap anak-anak asuhnya tetap tegar menghadapi kekecewaan masyarakat. Apalagi, kekalahan dari Malaysia membuat Indonesia tidak dapat melaju ke Piala Asia U-17 2023.
“Saya berharap para pemain tidak terpengaruh,” kata pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 2022 itu.

BACA JUGA:  JK : Bagaimana Mengritik Pemerintah Tanpa Dipanggil Polisi, Ini Jawaban Ahli KSP

Akun PSSI di beberapa media sosial seperti Twitter dan Instagram diserbu warganet begitu Indonesia takluk 1-5 dari Malaysia, hasil yang membuat skuad “Garuda Asia” tak dapat melaju ke Piala Asia U-17 2023.

Beragam kritik dilontarkan baik untuk timnas U-17, PSSI maupun kondisi lapangan Stadion Pakansari.

Meski demikian, banyak pula yang memberikan dukungan kepada Arkhan Kaka dan kawan-kawan. Golongan ini menganggap kekalahan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah kompetisi.

Pemain timnas U-17 pun dinilai sebagai pesepak bola remaja yang membutuhkan jam terbang untuk mengasah kemampuannya.

Tim nasional U-17 Indonesia gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023 usai ditundukkan Malaysia dengan skor 1-5 pada laga terakhir Grup B fase kualifikasi di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (9/10) malam.

BACA JUGA:  Diwarnai Drama Dua Penalti, Bali United Taklukkan Arema FC

Gol-gol Malaysia dibuat oleh Muhammad Zainurhakimi Zain, Muhammad Arami Wafiy (dua gol), Muhammad Anjasmirza dan Muhammad Afiq Danish. Indonesia memperkecil kedudukan via Arkhan Kaka.

Indonesia, yang bertengger di peringkat kedua Grup B, tidak memiliki selisih gol yang cukup untuk menjadi salah satu dari enam “runner up” terbaik di kualifikasi, salah satu tiket menuju Piala Asia U-17 2023.

Adapun Malaysia sukses menjadi juara Grup B yang membawa mereka mengunci satu tempat di Piala Asia U-17 2023.

Sumber: ANTARA