Ini Tiga Gejala Kanker yang Sudah tidak Bisa Disembuhkan

Benjolan di leher, nyeri dada, dan sakit punggung merupakan tiga gejala kanker stadium 4.
Ilustrasi: Perempuan memeriksa leher. Benjolan di leher, nyeri dada, dan sakit punggung merupakan tiga gejala kanker stadium 4. (Foto: www.freepik.com)

JAKARTA,MENITINI.COM- Kanker yang ditemukan sejak dini, mempunyai kemungkinan lebih besar untuk disembuhan. Hanya saja ada kalanya kanker baru diketahui pada tahap tidak bisa disembuhkan.

Melansir Republika, pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Oncology menunjukkan tiga gejala yang dapat menjadi indikasi kanker stadium lanjut. Lewat penelitiannya, para ilmuwan ingin memeriksa hubungan antara gejala umum kanker yang dirasakan penderita dengan stadium saat diagnosis. Para peneliti kemudian menganalisis data tingkat populasi dari English National Cancer Diagnosis Audit (NCDA) 2014 untuk pasien berusia 25 tahun ke atas.

Pasien tersebut memiliki satu dari 12 jenis tumor padat. Tumor itu bisa tumbuh di kandung kemih, payudara, usus besar, endometrium, laring, paru-paru, melanoma, oral atau orofaringeal, kanker ovarium, prostat, dubur, dan ginjal.

BACA JUGA:  Mahasiswa Unibraw Membuat Alat Deteksi Kanker Rongga Mulut

NCDA menyediakan alat audit berbasis bukti untuk meninjau jalur menuju diagnosis kanker, membandingkan praktik saat ini, dan mengidentifikasi area untuk perbaikan. Para peneliti mempertimbangkan 20 gejala umum dan memeriksa katiannya dengan stadium saat diagnosis.

Untuk setiap gejala yang muncul, mereka memperkirakan hubungannya dengan kanker ketika dilaporkan sebagai gejala tunggal maupun ketika dilaporkan bersama dengan gejala lainnya. Setelah menganalisis data pada 7.997 pasien, tiga dari gejala yang diperiksa “secara konsisten terkait” dengan peningkatan kemungkinan kanker stadium 4, baik yang dilaporkan sebagai gejala tunggal atau dengan gejala lain.

Apa saja tiga gejala tersebut? Peneliti mengungkap kanker stadium 4 cenderung ditandai dengan adanya benjolan di leher, nyeri dada, dan sakit punggung.

BACA JUGA:  Sudah Bebas Kanker, Kenali Istilah Remisi!

Apa itu kanker stadium 4?

Macmillan Cancer Support menjelaskan, kanker stadium 4 merupakan kanker stadium lanjut. Umumnya, itu berarti kanker sudah “tidak mungkin disembuhkan”. “Bisa jadi karena kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh,” ujar Macmillan Cancer Support, seperti dilansir dari laman Express, Kamis (27/10/2022).

Proporsi pasien yang didiagnosis dengan kanker stadium 4 sangat bervariasi berdasarkan gejala yang muncul, dari satu persen untuk tahi lalat abnormal hingga 80 persen untuk benjolan leher. Untuk 13 dari 20 gejala, lebih dari 50 persen pasien didiagnosis pada stadium selain stadium 4.

Ini termasuk tahi lalat abnormal, benjolan payudara, perdarahan pascamenopause, perdarahan rektal, gejala saluran kemih bagian bawah dan hematuria (darah dalam urine). Gejala lainnya ialah perubahan kebiasaan buang air besar (BAB), suara serak, kelelahan, sakit perut atau sakit perut bagian bawah, dan penurunan berat badan.

BACA JUGA:  Manfaat Sarapan dan Mempertahankan Jendela Makan 10 Jam

Sumber: Republika.co.id