Minggu, 26 Mei, 2024

Sejumlah masyarakat terlihat berjalan kaki sambil menikmati keindahan di Sirkuit Mandalika di libur Lebaran Idul Fitri 2024. (Foto: Istimewa)

MATARAM-MENITINI.COM-Sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng),tidak hanya digunakan untuk balapan.

Namun, Sirkuit Mandalika yang menjadi ikon Indonesia di Provinsi NTB tersebut bisa dijadikan tempat liburan Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Hal itu menyusul, pengelola kawasan menyediakan program “Lampaq di Sirkuit” The Mandalika, Pertamina Mandalika International International Circuit pada libur Lebaran hingga Minggu, 14 April 2024.

Program itu untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat maupun wisatawan lokal serta asing untuk berkunjung dan merasakan pengalaman yang unik di sirkuit kebanggaan Indonesia tersebut.

InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tetap membuka Pertamina Mandalika International Circuit bagi pengunjung.

Pengelola telah mempersiapkan fasilitas kawasan untuk menyambut kedatangan para pengunjung selama libur Lebaran. 

“Ini kita lakukan untuk menjadikan The Mandalika sebagai destinasi wisata unggulan yang menawarkan pengalaman seru bagi setiap pengunjung,” ujar Direktur Operasi ITDC, Troy Warokka pada wartawan, Senin (15/4/2024).

Menurut dia, pihaknya menargetkan 5.000 pengunjung per hari ke kawasan The Mandalika pada libur Lebaran 2024.

BACA JUGA:  Patung Speed Jokowi Jadi Daya Tarik Wisatawan di Mandalika

Untuk dapat menikmati liburan di Sirkuit Mandalika, pengunjung dikenakan tarif yang terjangkau.

Program Lampaq (berjalan) di Sirkuit Mandalika akan memberikan pengalaman bagi para pengunjung untuk naik trailer biasa digunakan oleh pembalap MotoGP.

Untuk mengikuti program ini, pengunjung dapat mendaftar melalui tenda “ticketing” yang berada di depan red gate Pertamina Mandalika International Circuit.

Dengan tarif Rp50.000, pengunjung dapat berkeliling mengitari sirkuit serta menikmati sunset untuk mengabadikan momen di tikungan 10.

Selain menggunakan trailer, pengunjung juga dapat menyewa sepeda dan motor ADV untuk berkeliling sirkuit dengan tambahan biaya masing-masing senilai Rp100.000 dan Rp250.000.

Tidak hanya Sirkuit Mandalika, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan lain di kawasan, seperti menikmati keindahan Kuta Beach Park, Pantai Tanjung Aan, hingga Bukit Merese.

Pengunjung yang ingin berwisata kuliner di kawasan The Mandalika, dapat menikmati berbagai pilihan kuliner di Bazaar Mandalika. Selain itu, terdapat arena permainan anak-anak hingga spot foto instagramable di Kuta Lane.

The Mandalika menjadi destinasi wisata yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga di masa libur Lebaran.

BACA JUGA:  Patung Speed Jokowi Jadi Daya Tarik Wisatawan di Mandalika

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung selama periode libur Lebaran, ITDC mendirikan empat titik Posko Berkah Lebaran yang strategis.

Posko itu adalah Posko Lebaran di Kuta Beach Park, Posko Lebaran di Bazaar Mandalika, Posko Lebaran di sekitar Sirkuit Mandalika, dan Posko Lebaran di Bukit Merese. Posko ini akan melayani pengunjung dari tanggal 9 hingga 21 April 2024.

Selama periode tersebut, jam pelayanan akan disesuaikan dengan kebutuhan. Pada tanggal 12 hingga 21 April 2024, posko akan melayani selama 12 jam, sementara pada tanggal 9 hingga 11 April 2024, posko akan melayani selama 24 jam penuh.

Lebih lanjut dijelaskan Troy, bahwa dengan didirikannya empat titik Posko Berkah Lebaran yang strategis di sekitar kawasan The Mandalika, diharapkan dapat mendukung pengalaman liburan yang menyenangkan bagi pengunjung dengan memastikan kenyamanan dan keamanan.

Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan ini memiliki kelas homologasi kelas A dari FIM. Selain digunakan sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP, sirkuit ini juga menjadi tuan rumah berbagai pagelaran lain seperti World Superbike, Kejurnas Mandalika Racing Series, Shell Eco-marathon, dan National Track Day.

BACA JUGA:  Patung Speed Jokowi Jadi Daya Tarik Wisatawan di Mandalika

Sirkuit Mandalika pertama kali menggelar Grand Prix Sepeda Motor Indonesia pada Maret 2022 setelah sukses menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Superbike pertamanya pada bulan November 2021.

Kemudian, pada 2024 ini Sirkuit Mandalika kembali menjadi tuan rumah ajang Shell Eco-marathon Asia-Pacific 27 Juli dan event MotoGP pada tanggal 29 September 2024.

Oleh karena itu, ketika tidak ada balapan atau ajang di Sirkuit Mandalika, warga bisa datang berkunjung ke sirkuit tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pengelola kawasan. (M-003)

  • Editor: Daton

TERKAIT