Gasak Swiss dengan Skor 6-1, Portugal tantang Maroko di Perempat Final

Pemain Portugal melakukan selebrasi dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Swiss di Lusail Stadium, Lusail, Doha pada 7 Desember 2022.
Pemain Portugal melakukan selebrasi dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Swiss di Lusail Stadium, Lusail, Doha pada 7 Desember 2022. (Foto: ANTARA/AFP/FABRICE COFFRINI)

JAKARTA,MENITINI.COM-Portugal melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 menantang Timnas Maroko, setelah menggasak Swiss 6-1 dalam laga babak 16 besar di Lusail Stadium, Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Tiga gol diciptakan oleh Goncalo Ramos dan tiga lainnya masing-masing dicetak oleh Pepe, Raphael Guerreiro dan Rafael Leao. Sementara gol tunggal Swiss dicetak oleh Manuel Akanji di babak kedua.

Kemenangan ini melengkapi 8 tim yang lolos ke perempat final. Portugal akan menghadapi Maroko di perempat final Piala Dunia yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB (10/12).

Pelatih Portugal, Fernando Santos memutuskan tidak menurunkan kapten timnas sekaligus megabintang Cristiano Ronaldo dan memainkan penyerang muda 21 tahun, Goncalo Ramos. Ban kapten dipakai oleh bek veteran Pepe.

BACA JUGA:  Jerman Tersingkir dari Piala Dunia, Muller: Benar-benar Bencana

Portugal bermain menyerang dan berhasil membuka kedudukan pada menit ke-19. Pertaruhan Santos memainkan Ramos terbayar setelah dia mencetak gol lewat tembakannya yang menjebol pojok kanan gawang Swiss. Skor menjadi 1-0.

Swiss merespons dan nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-30 lewat eksekusi tendangan bebas Xherdan Shaqiri. Laju bola masih bisa ditepis kiper Portugal, Diogo Costa dan berujung sepak pojok.

Portugal sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 tiga menit berselang. Kali ini giliran Pepe yang mencetak gol lewat tandukan setelah menyambar bola sepak pojok Bruno Fernandez.

Tidak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir. Portugal unggul 2-0 atas Swiss.

Selepas istirahat, Portugal melanjutkan dominasi mereka. Ramos mencetak gol keduanya pada menit ke-51 setelah dia menyelesaikan hasil umpan tarik Diogo Dalot dari sisi kanan. Skor menjadi 3-0.

BACA JUGA:  Wow, Argentina dan Uruguay Bawa Bekal Hampir 1 Ton Daging

Portugal kembali menambah skor pada menit ke-55. Kali ini giliran Raphael Guerreiro yang menggetarkan gawang Swiss melalui bola sepakannya. Swiss tertinggal 0-4.

Swiss bisa memperkecil ketertinggalan mereka pada menit ke-58 lewat gol Manuel Akanji setelah dia mencocor bola menyusul kemelut di depan gawang setelah sepak pojok. Kedudukan menjadi 4-1.

Ramos menjadi bintang dalam pertandingan ini setelah mencetak gol ketiganya pada menit ke-67. Umpan Joao Felix diselesaikan Ramos dengan sontekan melewati kiper Yann Sommer usai untuk mengubah skor menjadi 5-1 untuk Portugal.

Unggul cukup jauh, Santos memutuskan untuk menurunkan Cristiano Ronaldo pada menit ke-73 sebagai pengganti Ramos. Ronaldo sempat mencetak gol pada menit ke-82, tetapi wasit menganulirnya karena berbau offside.

BACA JUGA:  #BringTheMoves: Piala Dunia 2022 untuk Promosi Aktivitas Fisik

Yann Sommer harus kembali memunggut bola dari gawangnya pada menit ke-90. Kali ini gol dicetak oleh Rafael Leao lewat sepakan terukurnya di dekat garis kotak penalti. Kedudukan menjadi 6-1.

Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan ini. Portugal menang telak 6-1 atas Swiss dan berhak menghadapi Maroko di perempat final.

Editor: Ton

Sumber: ANTARA