Desa Manistutu Masuk Nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

NEGARA,MENITINI.COM-Desa Manistutu di Kecamatan Melaya, Jembrana Bali, dinyatakan masuk 75  besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Sebagai tindak lanjut dari proses penjurian, tim juri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melaksanakan kunjungan langsung ke Desa Wisata Manistutu Camping Ground (Mantu Cager), Senin (15/5/2023).

Masuk nominasi tahun ini, Desa Manistutu  tidak hanya dibekali  alam yang indah, namun juga ditopang   aspek menarik lainnya. Diantaranya, Wisata religi, Konservasi Hutan, Wisata Sejarah dan banyak Peroduk UMKM mulai dari Kuliner, Fashion dan juga Kria.

Selaku juri desa wisata,  Direktur Tata Kelola Destinasi, Indra Ni Tua mengatakan Potensi dari Desa Wisata Manistutu sangat menarik sebagai destinasi wisata,  mulai dari wisata alam, sejarah, religi maupun wisata budaya.

BACA JUGA:  Dinas PKP Kabupaten Bangli Tangani Banyaknya Lalat di Objek Wisata Kintamani

“Ini potensi yang akan pecah nanti, ketika konektifitas terhubungkan lewat jalan tol nanti, kenapa kita katakan seperti itu kita belajar dari jalan tol di Jawa begitu terhubungkan dari ujung barat dan ujung timur, di tengah tengah itu menjadi kebangkitan 20 juta orang wisatawan, disinipun begitu nanti,” ucapnya.

Pihaknya menilai persiapan SDM di Jembrana dinilainya sudah siap untuk menyambut lonjakan wisata yang akan datang ke Jembrana serta Indra Ni Tua mengatakan Desa Wisata Manistutu bisa menjadi salah satu Desa Wisata terbaik.

“Bagusnya sumber daya manusia yang ada disini sepertinya sudah siap dan melihat potensinya, saya fikir bisa berkembang dan menjadi salah satu juara,” ungkap Indra Ni Tua.

BACA JUGA:  Lindungi Ekosistem Penyu, Dilarang Menyalakan Kembang Api di Pantai Legian

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengungkapkan akan terus berusaha mengembangkan pariwisata di Jembrana yang tentu akan berdampak dengan peningkatan ekonimi masyarakat.

” Destinasi ini menjadi bagian ekosistem dari pada pengembangan desa wisata di Kabupaten Jembrana, Pasti bernilai jual dan membawa dampak kunjungan wisata yang berujung kepada peningkatan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Selain itu Bupati Tamba sangat mengapresiasi semangat masyarakat dalam mengembangkan Desa Wisata Manistutu, dan pihaknya berharap Desa Wisata manistutu menerima hasil yang terbaik.

“Saya sebagai Bupati Jembrana tentu mengharapkan yang terbaik, namun dibalik itu semua saya sangat mengapresiasi dari semangat masyarakat disini yang begitu besar dalam pengembangan Desa Wisata ini,” pungkas Tamba. (M-011)

  • Editor: Daton