Demi Konten Foto dengan Bersalto, Turis Lokal Jatuh ke Jurang di Nusa Penida

Tim Basarnas Denpasar sedang menyisir lokasi jatuhnya korban. Foto: ist)
Tim Basarnas Denpasar sedang menyisir lokasi jatuhnya korban. Foto: ist)

DENPASAR,MENITINI.COM-Seorang wisatawan lokal bernama Avalindo Kesanda terjatuh dari tebing di Broken Beach, Nusa Penida, Senin (21/11/2022) pagi, sekitar pukul 09.30 Wita. Diperkirakan ketinggian tebing berkisar 40 meter. Dari laporan yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnaa Bali), menyebutkan bahwa ketika itu korban sedang foto dengan cara bersalto, namun nahas ia justru terjatuh. 

“Kami terima laporan pada pukul 10.00 Wita dari warga bernama Gede Pasek. Dikatakan saksi matanya adalah pemandu wisata, korban berfoto dengan gaya salto,” tutur Gede Darmada, Kepala Kantor Basarnas Bali. Kondisi terakhir korban pada pukul 13.35 Wita masih sadarkan diri. Terlihat ada luka di bagian kaki dan posisinya menekuk, diduga mengalami patah tulang. 

BACA JUGA:  MenPANRB Azwar Anas Melayat ke Rumah Duka Sekda NTT

“Tim dari Unit Siaga SAR Nusa Penida sudah berupaya menuju lokasi menggunakan RIB namun tidak bisa mengakses posisi korban karena satu-satunya jalan terhalangi ombak. Akhirnya 2 personil diturunkan menggunakan tali,” jelas Darmada. Personil pertama yang sudah bisa menjangkau korban langsung melakukan penanganan awal. 

Unsur SAR yang turut terlibat dalam upaya evakuasi diantaranya Basarnaa Bali, BPBD Klungkung, SAR Samapta Polsek Nusa Penida, PMI, dan pemandu wisata setempat. M-006