Jumat, 12 Juli, 2024

(Foto: dok. REUTERS/Annegret Hilse/File photo Acquire Licensing Rights)

NEW YORK,MENITINI.COM-Dr. Henry Kissinger seorang cendekiawan dan negarawan Amerika Serikat yang dihormati, meninggal dunia hari ini di rumahnya di Connecticut.

Henry Kissinger lahir di Jerman bagian selatan pada tahun 1923 dan ayahnya adalah seorang guru. Keluarganya melarikan diri dari Nazi Jerman dan datang ke Amerika Serikat pada tahun 1938. Setelah menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1943, Dr. Kissinger bertugas di Divisi Angkatan Darat ke-84 dari tahun 1943 hingga 1946. Dia dianugerahi Bintang Perunggu untuk “jasa-jasanya yang luar biasa.” Dr. Kissinger kemudian bertugas di Korps Kontra Intelijen di wilayah pendudukan Jerman. Dia berada di tim cadangan U.S. Army hingga tahun 1959.

Dr. Kissinger meraih gelar sarjana, master, dan PhD di Universitas Harvard, tempat ia mengajar hubungan internasional selama hampir 20 tahun. Pada tahun 1969, Presiden Nixon menunjuknya sebagai Penasihat Keamanan Nasional. Beliau kemudian menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada masa pemerintahan Presiden Nixon dan Ford, dengan kapasitas Dr. Kissinger memainkan peran penting dalam pembukaan hubungan dengan Tiongkok, merundingkan berakhirnya Perang Yom Kippur di Timur Tengah, dan membantu mengakhiri peran Amerika Serikat dalam Perang Vietnam. Dia berupaya untuk mengarahkan bekas negara Rhodesia menuju pemerintahan perwakilan dan menegosiasikan perjanjian pengendalian senjata penting dengan Uni Soviet.

Dr. Kissinger telah menulis sebanyak 21 buku tentang masalah keamanan nasional. Dianggap sebagai salah satu negarawan besar Amerika Serikat, Dr. Kissinger secara teratur dimintai pendapat oleh presiden Amerika Serikat dari kedua partai politik dan sejumlah pemimpin asing setelah ia menyelesaikan masa baktinya pada tahun 1977. Pada bulan Mei 2023, ia merayakan ulang tahunnya yang ke-100 dan tetap aktif hingga usia yang ke-100-nya tersebut. Baru-baru ini, Dr. Kissinger memusatkan perhatiannya pada implikasi kecerdasan buatan. Beliau sering menjadi tamu di media dan diskusi panel, menulis, dan bepergian ke luar negeri. Informasi biografi tambahan tentang Dr. Kissinger dan tulisan-tulisannya dapat ditemukan di www.henryakissinger.com.

Dr. Kissinger meninggalkan istri yang telah dinikahinya selama hampir 50 tahun, Nancy Maginnes Kissinger, dua orang anak dari pernikahan pertamanya, David dan Elizabeth, dan lima orang cucu.

Beliau akan dimakamkan dalam sebuah upacara keluarga tertutup. Di kemudian hari, akan diadakan upacara peringatan di New York City. Sebagai pengganti bunga, keluarga menyarankan untuk memberikan donasi ke: Animal Medical Center, Kantor Pengembangan, 510 East 62nd Street, New York, NY 10065 atau Henry A. Kissinger Center for Global Affairs, Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, 1717 Massachusetts Avenue, NW, Washington, DC 20036.

  • Editor: Daton