Bupati Aru Melantik Ubyaan Jadi Sekda Definitif

DOBO, MENITINI.COM – Jacob Ubyaan, S.sos resmi dilantik Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga  menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Aru, Senin (15/01/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Aru  menyampaikan bahwa pengembangan kinerja PNS, khususnya dalam pengangkatan jabatan struktural, bukanlah sebuah proses yang mudah dan sederhana bagi pejabat pembina kepegawaian yang berwenang.

“Diperlukan Mekanisme pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama yang telah kita lalui bersama beberapa saat yang lalu, sesuai dengan amanat pasal 115 UU Nomor 5 Tahun 2015, tentang Aparatur Sipil Negara, serta banyak pertimbangan agar dapat memperoleh pejabat yang tepat untuk menduduki sebuah jabatan struktural,” sebut Bupati. 

Kata Bupati, hal ini penting dan perlu dilakukan, karena menyangkut proses pengambilan keputusan yang tepat dapat meningkatkan motivasi dan kinerja aparatur PNS. Menurutnya Ada hubungan  yang cukup signifikan antara motivasi kerja dan kinerja seseorang.

BACA JUGA:  Pengurus Baru BPC HIPMI Jembrana Dilantik

Dikesempatan yang baik ini, patut kita bersyukur, karena pada hari ini kita telah memiliki Sekretaris Daerah yang baru, yakni Sdr. Jacob Ubyaan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kabupaten Kepulauan Aru.

“Kepada Pak Jop, setelah melaksanakan tugas sebagai Pj. Sekretaris Daerah dalam kurun waktu yang cukup lama, dan kini telah dilantik sebagai Sekretaris Daerah, saya ucapkan selamat berjuang memajukan Bumi Jargaria,” kata Bupati.

Sekda Kabupaten Kepulauan Aru, Jacob Ubyaan, S.sos.

Ditambahkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Aru sedang dalam tahapan percepatan pembangunan Infrastruktur dan suprastruktur.

Untuk itu, kepada Sekretaris Daerah yang baru di lantik ini diharapkan agar dapat bersama-sama bekerja menyukseskan berbagai program pembangunan di Kabupaten Kepulauan Aru yang kita tercinta.

BACA JUGA:  Jadi Penjabat Bupati Klungkung, Ini Sosok Nyoman Jendrika

“Dengan menggunakan kata-kata bijak Bupati dua periode ini berpesan, kepada Sekda bahwa suatu masa meninggalkan sejarah dan suatu pengabdian akan meninggalkan karya terbaik,” oleh karena itu saudara dituntut untuk mempersiapkan diri dengan baik, meningkatkan kompetensi dan profesionalisme serta melaksanakan tugas yang dipercayakan dengan sungguh-sungguh.

Dikatakan,  penyelenggaraan pemerintah daerah memberi penekanan pada akuntabilitas dengan aspek efisiensi dan transparansi menjadikan reformasi birokrasi sebagai prasyarat utama mewujudkan pemerintahan yang baik.

Karena jika dikembalikan lagi pada makna reformasi birokrasi adalah upaya melakukan perubahan sistematik dan terencana menuju tatanan administrasi publik yang lebih baik.

“Pemerintah daerah harus lebih fokus dalam melaksanakan reformasi institusional dan melaksanakan reformasi perilaku birokrasi,” ujarnya.

Disamping itu, tujuan reformasi birokrasi itu sendiri adalah meningkatkan profesionalisme dan integritas aparatur pemerintah, sasaran reformasi birokrasi adalah meningkatnya kinerja birokrasi yang berorientasi hasil, melalui perubahan secara terencana, bertahap dan terintegrasi dari berbagai komponen strategis birokrasi pemerintah.

BACA JUGA:  Penjabat Walikota Ambon, Resmi Melantik Ali Hatala Jadi Raja Batumerah

Atas nama pemerintah, bupati menyampaikan terima Kasih kepada Panitia Seleksi JPTP Sekretaris Daerah, Komisi Aparatur Sipil Negara dan Gubernur Maluku atas dukungannya sehingga seluruh tahapan seleksi dapat berjalan dengan baik.

“Tak lupa pula, saya ucapkan Selamat dan Sukses atas pelantikan ini. Sekali lagi, ingatlah bahwa jabatan dan kepercayaan yang telah diamanatkan kepada Saudara, harus dibarengi dengan kerja keras dan pengabdian yang tulus, demi kemajuan Daerah Jargaria tercinta ini,” tutup Bupati. 

Untuk diketahui, pelantikan Sekda Kabupaten Kepulauan Aru berlangsung di ruang lantai II BPKAD Aru. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Muin Sogalrey, Forkompinda dan Pimpinan OPD lingkup Pemkab Kepulauan Aru serta tamu undangan lainya. (M-009)

  • Editor: Daton