Jumat, 12 Juli, 2024
Ilustrasi Sampah.

Ilustrasi Sampah. (Foto: Net)

MASOHI,MENITINI.COM-Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Chorneles Soparue mengajak warga untuk sedekah sampah plastik atau anorganik.

Sedekah sampah tersebut merupakan usaha untuk memotivasi masyarakat agar lebih mencintai lingkungan, tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Bagi warga yang memiliki banyak sampah plastik atau anorganik di rumah bisa diberikan ke anak untuk dibawa ke sekolah atau dititip di kita (DLH). Bagi warga yang bersedekah atau memberikan sampah tidak boleh dibayar ataupun dipunggut biaya,” ujar Soparue. 

Sedekah sampah ini akan dikelola oleh pihaknya untuk dijual kepada pembeli sampah plastik atau anorganik. Hasilnya akan ditabung di rekening khusus sedekah sampah milik Dinas Lingkungan Hidup, jelasnya kepada wartawan di Masohi, Selasa (8/8/2023).

BACA JUGA:  Kolaborasi Bersihkan Sampah di Pesisir Pantai dan Bawah Laut Tanjung Benoa

“Menurutnya, uang hasil penjualan sampah itu kita gunakan untuk orang- orang yang membutuhkan. Misalnya anak sekolah yang orang tuanya tidak mampu. Selain anak sekolah, kita juga berikan kepada warga yang tak mampu.”

Soparue katakan, bantuan yang diberikan itu akan bertepatan dengan hari-hari besar, seperti hari keagamaan, hari lingkungan hidup ataupun hari sampah nasional.

Kadis LH berharap, sedekah sampah plastik atau anorganik ini dapat efektif agar warga lebih mencintai lingkunganya. ”Jadi sedekah sampah ini kita mulai dari sekolah dulu, baru ke masyarakat,” ucap Soparue. (M-009)

  • Editor: Daton

Berita Lainnya:

BACA JUGA:  KKP Edukasi Siswa SD untuk Kelola Sampah Plastik