2.024 Personel Gabungan Amankan Kunker Presiden Jokowi ke Bali

Apel gelar pasukan pengamanan Presiden di Aula Makorem.
Apel gelar pasukan pengamanan Presiden di Aula Makorem. (Foto: Ist)

DENPASAR,MENITINI.COM – Mendekati pelaksanaan G20, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan berkunjung ke Bali. Kedatangan Presiden ke Pulau Dewata sekaligus dalam rangka kunjungan kerja (kunker).

Komandan Korem (Danrem) 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam menerangkan, guna mengamankan kedatangan Kepala Negara, 2.024 personel gabungan dikerahkan.

“Presiden direncanakan besok melakukan kunjungan kerja ke Bali. Untuk pengamanan, sebanyak 2.024 personel berasal dari TNI, Polri dan unsur lain dikerahkan,” ucapnya saat apel gelar pasukan, Selasa (4/10/2022) di Aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar.

Dijelaskan, kesiapan semua unsur yang terlibat diawali dengan berbagai kegiatan seperti rapat koordinasi (rakor). Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan.

BACA JUGA:  Amerika Serikat Serukan Warganya Tinggalkan Rusia

Danrem juga menyampaikan beberapa penekanan dari Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto selaku Pangkoops Pam VVIP wilayah Bali-Nusra kepada para personel yang terlibat dalam Satgaspam VVIP.

Di antaranya agar memahami dan menguasai protap pengamanan VVIP, pegang teguh disiplin dengan memahami rantai komando yang efektif dan efisien.

“Juga tingkatkan kepekaan terhadap situasi yang berkembang, jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal serta cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus,” tegasnya.

Dirinya berharap apel gelar pasukan ini dimanfaatkan sebagai sarana koordinasi dan komunikasi antar unsur pengamanan.

Utamanya untuk menjamin kelancaran serta menghindari terjadinya kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaan tugas.

BACA JUGA:  Dana Kompensasi Peternak Suspect PMK di Jembrana Disalurkan

“Setiap pengamanan VVIP merupakan operasi baru yang harus selalu dimulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas dalam pelaksanaannya,” tegasnya. (M-008)