1000 Pelari Ikuti Lomba Vertikal Run Magelang

MAGELANG,MENITINI.COM-Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta hari Minggu (11/12/2022) pagi membuka ajang Magelang Vertikal Run. Sekitar 1000 pelari dari Magelang dan sekitarnya berlomba mencapai pucak Gunung Tidar dengan menaiki hampir seribu anak tangga.

Vertikal run adalah olahraga lari dengan anak tangga sebagai medannya.Olahraga penuh tantangan ini memiliki kesulitan lebih tinggi dibanding lari pada umumnya. Dengan berlari melalui anak tangga, beban pada kaki akan menjadi dua kali lebih berat.

Event yang berlangsung pada Minggu, 11 Desember 2022 merupakan event yang digelar oleh Kemenpora bekerjasama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Magelang dan Pemkot Magelang.

Ajang ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori pelajar (SD, SMP dan SMA) yang menumpuh jarak 7, 7 km dan kategori umum 8,5 km. Sekitar 700 pelajar dan 300 masyarakat umum turut meramaikan event ini.

BACA JUGA:  Ratusan Crosser Adu Tangguh di Kejuaraan Latber Jembrana

Para pemenang untuk kategori umum adalah Imroatul Carifah (Umum Putri) dan Eksar Gamashi (Umum Putra). Sedangkan untuk kategori pelajar adalah Riefky Satrio W (SMA Putra), Rifasari Anggraeni (SMA Putri), Sahrul Rama (SMP Putra), Athaya Aurelia (SMP Putri), Muhammad Rama (SD Putra dan Adinta Haura (SD Putri).

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta yang membuka acara secara resmi menyampaikan, “Vertikal Run ini menjadi event luar biasa. Peserta berlomba berlari dan menaiki tangga untuk mencapai puncak gunung Tidar. Di sana terdapat monumen persatuan bangsa,” kata Isnanta.

“Monumen tersebut merupakan lambang persatuan, seperti halnya event ini yang mampu menyatukan banyak orang untuk berolahraga bersama, menuju sehat dan bugar,” tambahnya.

BACA JUGA:  Jembrana jadi Tuan Rumah Kejurnas Sprint Rally Putaran I

Adapun tujuan event ini adalah untuk mengenalkan olahraga lari kepada masyarakat yang lebih luas. Juga sebagai ajang promosi pariwisata kota Magelang. Potensi sport tourism di Kota Magelang memang cukup besar mengingat daerah ini memiliki berbagai destinasi wisata alam yang bisa menjadi lokasi untuk berbagai event olahraga.

Seperti yang disampaikan oleh Kadispora Kota Magelang, Sarwo Imam Santoso. “Kota Magelang memiliki banyak potensi destinasi wisata untuk sport tourism. Kota Magelang punya sport center, GOR, dan area-area olahraga. Sebagai contoh, sambil berolahraga di sebelah barat GOR bisa melihat view gunung,” ujar Sarwo.

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Magelang , Arif Taat Pujiyanto berharap event ini dapat memasalkan olahraga atletik kepada masyarakat. Selain itu, dengan jumlah peserta yang sebagian besar pelajar, diharapkan mampu memunculkan bibit-bibit atlet yang potensial.

BACA JUGA:  Jembrana jadi Tuan Rumah Kejurnas Sprint Rally Putaran I

Editor: Ton

Sumber: Kemenpora