Senin, 15 Juli, 2024

Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen Napiun. (Foto: M-009)

AMBON, MENITINI.COM – Polisi Daerah (Polda) Maluku gelar Open Turnamen Tenis Meja Kapolda Cup 2024 kegiatan tersebut resmi digelar di Sport Center Polda Maluku, Kamis (27/6/2024). Event terbuka ini menjadi rangkaian momentum HUT Bhayangkara ke-78.

Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen Napiun dalam sambutannya, menekankan, digelarnya turnamen kali ini guna mengapresiasi minat dan bakat para peserta pemuda dan masyarakat di Kota Ambon terhadap cabang olahraga tenis meja.

Kejati Maluku Priksa 6 Saksi tekait Dugaan Dana Covid-19, Dua Diantaranya Kadis

Sungguh Bejat! Seorang Ayah di SBB Tega Perkosa Anak Kandungnya

Diduga Pemilik Narkoba, Tiga Pria di Ambon Diamankan Polisi 

JPU Tuntut Pengedar Narkoba 7 Tahun Penjara 

“Sebagaimana yang kita ketahui bahwa di daerah ini, begitu banyak potensi dari para pelajar dan masyarakat di bidang tenis meja, dan mereka ternyata sangat butuh event, kegiatan turnamen tenis meja seperti Kapolda Cup ini,” kata satu bintang dipundaknya itu.

Dikatakan, dengan gelaran turnamen tenis meja ini diharapkan dapat mencetak bibit-bibit unggul yang nantinya bisa dikembangkan dan berlaga di level nasional. "Tetap jaga sportifitas dan selamat bertanding,” ujar Stephen. 

 Ajang ini dilakukan bukan dari inisiatif Polda Maluku, namun berkat gagasan dari teman-teman komunitas tenis meja yang ada di Kota Ambon.

"Polda hanya memfasilitasi tempat pertandingan dan kami besyukur ajang ini bisa terlaksana dengan baik," sebutnya.

Dia mengingatkan agar seluruh peserta tetap menjunjung tinggi sportivitas dan fair play dalam pertandingan.

"Kalah dan menang dalam sebuah laga adalah hal yang wajar. Tapi, yang paling utama adalah sikap fair play dan mari jadikan wadah ini sebagai ajang silaturahmi antar peserta," ucapnya di akhir sambutan. 

Sementara itu, Alfred Hoeg, Ketua Pengprov PTSI Maluku menuturkan, selama ini KONI Maluku kurang memperhatikan cabor tenis meja, termasuk mendukung event seperti ini.

"Kejuaraan seperti ini pernah dilakukan pada tahun 2010 silam, namun setelah itu sudah tidak ada lagi, salah satu penyebabnya adalah induk olahraga (KONI) kurang memberikan perhatian kepada cabor ini," terang Alfred.

Berbagi Pandangan dengan Presiden, Begini Harapan Atlet Indonesia di Olimpiade Paris

“Parade Spektakuler Road to MotoGP, Riders Langsung Hadir di Bali!”

Memperingati Hari Yoga Internasional di Bali

Special Price Tiket ARRC & MotoGP 2024 Bagi Masyarakat NTB

Pada kesempatan itu, pria murah senyum ini mengucapkan terimakasih kepada pak Kapolda dan Wakapolda atas dukungan sehingga kolaborasi antara Polda, pengprov dan komunitas tenis meja di kota ini bisa bisa melahirkan turnamen yang sangat luar biasa seperti yang kita lihat hari ini.

“Intinya ini merupakan bentuk moral dan tanggung jawab kami untuk meningkatkan prestasi atlet tenis meja sekaligus sebagai dukungan kami untuk berpartisipasi di HUT Bhayangkara ke-78,” ucapnya.

Dengan gelaran turnamen tenis meja ini, Alfred berharap, dapat mencetak bibit-bibit unggul yang nantinya bisa dikembangkan dan berlaga di level yang lebih tinggi. "Semua peserta harus sportiv dan selamat bertanding,” ucapnya.

Secara khusus, Alfred juga mengapresiasi jajaran Polda Maluku atas komitmen dan dukungannya hingga turnamen terlaksana.

“Kami ucapkan terimakasih kepada jajaran Polda, dan terkhusus Pak Kapolda Lotharia Latief dan Pak Stephen dalam memberikan support baik ide serta gagasannya. Semoga kedepan, silahturahmi ini bisa tetap terjaga,” singkatnya.

Ketua Panita Pelaksana, Pieter Leuwakabessy menerangkan, turnamen ini digelar selama tiga hari yang dimulai hari ini (Kamis) dan berkahir Sabtu (29/6/3024).

"Ada 112 atlet yang bertarung di Kapolda Cup edisi pertama ini. Mereka akan memperebutkan piala bergilir Kapolda Maluku," jelasnya. (M-009)

Editor: Daton

BACA JUGA:  Kapolda Maluku Motivasi Pelajar SMA jadi Pelopor Keselamatan