Penghujung Tahun, Jembrana Sabet 2 Penghargaan Nasional dari BPS RI

JEMBRANA,MENITINI.COM-Penghujung tahun 2023 ini, Kabupaten Jembrana kembali diganjar penghargaan  di tingkat nasional. Teranyar, atas keberhasilan pengimplementasian program JSDDD (Jembrana Satu Data Dari Desa) membawa Kabupaten Jembrana menjadi satu-satunya kabupaten di Bali yang meraih 2 penghargaan sekaligus dari BPS (Badan Pusat Statistik) RI.

Penghargaan itu masing masing Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang diperoleh oleh Desa Warnasari Kecamatan Melaya dan Penghargaan Anindhita Wistara Data sebagai Satuan Kerja dengan Nilai Indeks Pembangunan Statistik 2,63 (Baik) kategori Pemerintah Kabupaten/Kota dalam Program Evaluasi Penyelengggaraan Statistik Sektoral 2023. 

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Utama BPS RI (Sestama), Atqo Mardiyanto kepada Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dalam acara Deseminasi Hasil Sensus Pertanian Tahap I dan penganugerahan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral yang digelar di Hotel Ritz-Calton, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

BACA JUGA:  Jelang Natal Nasional 2023, Wamenparekraf Tinjau GSJA Sapikerep Bromo Usai Direnovasi

Ditemui usai penyerahan penghargaan, Bupati I Nengah Tamba mengatakan komitmen dan dukungan diberikan secara maksimal oleh Pemkab Jembrana dalam menyukseskan program Desa Cantik sehingga mendapatkan hasil yang luar biasa. 

“Hari ini luar biasa sekali, Jembrana mendapat dua penghargaan sekaligus dari BPS RI bahkan yang luar biasa menjadi kabupaten satu-satunya di Bali. Sekali lagi ini hasil kerja keras bersama dengan BPS di Jembrana,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba yang didampingi Sekda I Made Budiasa, Kepala BPS Jembrana, Rocky Gunung Hasudungan serta Kadis Kominfo I Ketut Eko Susilo Artha menururkan keberhasilan ini tidak terlepas dari program JSDDD yang menjadi kebanggaan Kabupaten Jembrana.

“JSDDD memberikan gambaran dan perencanaan dari awal apa yang mau digarap dan dikerjakan, karena permasalahan mikro sudah terlihat dari data itu. Kita meyakini kecepatan, akurasi, dan transparansi akan jauh lebih detil dengan memiliki data. Data yang lengkap dan valid dibutuhkan sebagai basis data dalam pengambilan setiap kebijakan,” ucapnya.

BACA JUGA:  Operasi SAR Banjir Bandang Humbang Hasundutan Ditutup

Sementara itu, Plt. Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti yang hadir secara zoom meeting  mengapersiasi atas komitmen kolaborasi para stakeolder dalam memperkuat pembinaan statistik. 

Ditambahnya, Badan Pusat Statistik memberikan penghargaan yang sebesar besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam pembinaan statistik dan terus mendorong generasi dan pemanfaatan data statistik. 

“Kami  memberikan penghargaan anugrah tahun 2023 yang diberikan kepada semua kementrian/lembaga, pemprov dan pemda yang berada pada katagori sangat baik dan baik, kami juga memberikan penghargaan desa cantik terbaik tahun 2023 yang akan diberikan kepada 10 desa cantik terbaik, dan penghargaan pojok statistik terbaik tahun 2023 akan juga diberika kepada 6 pojok statistik,” tutupnya. (M-011)

  • Editor: Daton