Peluncuran Rudal Korut Melintasi Langit Jepang Dikecam PM Kishida

Ilustrasi rudal
Ilustrasi rudal. (Foto: AFP)

TOKYO-Peluncuran rudal balistik Korea Utara (Korut) terbang melintasi Jepang pada Selasa (4/10/2022). Hal tersebut mendapat kecaman dari Perdana Menteri negeri Sakura itu, Fumio Kishida.

Berbicara kepada awak media, PM Kishida melayangkan kecaman sekaligus mengatakan bahwa rudal Korea Utara sepertinya telah jatuh di Samudra Pasifik.

“Peluncuran rudal tersebut adalah sebuah pelanggaran,” tegas PM Kishida, dikutip dari laman KBS World.
Tokyo memutuskan untuk menggelar pertemuan Dewan Keamanan Nasional hari ini untuk mendiskusikan respons terhadap peluncuran rudal balistik Korea Utara.

Menurut laporan NHK dan media lainnya, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan bahwa Korea Utara meluncurkan sebuah proyektil yang terlihat seperti rudal balistik pada pukul 07.27 waktu setempat.

BACA JUGA:  Puluhan Kasus Cacar Monyet Disebut Bermunculan di Nigeria

Rudal kelima yang ditembakkan Korea Utara dalam 10 hari terakhir itu membuat Jepang mengeluarkan peringatan kepada warga di Hokkaido dan Aomori untuk mencari tempat perlindungan.

Peringatan disampaikan karena rudal tersebut sempat terbang melintasi langit Jepang, dan dikhawatirkan jatuh di daratan. Meski rudal itu pada akhirnya jatuh di lautan, Jepang tetap melayangkan kecaman keras.

Langkah terbaru Korea Utara dilakukan setelah pekan kemarin Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang menggelar latihan trilateral anti-kapal selam.

Rentetan peluncuran rudal ini juga dilakukan di tengah kekhawatiran bahwa Korea Utara akan melakukan uji coba nuklir.

Sumber: Medcom.id