Pasien Terpapar Omicron, Pekerja Wisma Atlet Sudah Negatif Setelah PCR Kedua, Begini Kronologisnya

Menteri Kesehatan Budi Sadikin

DENPASAR, MENITINI.COM Menkes Budi Gunadi Sadikin kembali melaporkan pasien yang terpapar Covid-19 varian Omicron, pekerja wisma atlet sudah dinyatakan negatif setelah PCR kedua.

Pasien tersebut tanpa gejala dan dikarantina di Wisma Atlet. Menkes Budi Gunadi Sadikin mengumumkan langsung temuan Omicron di Indonesia, Kamis (16/12).

Dalam konferensi pers tersebut, Budi menyampaikan pasien Covid-19 varian Omicron itu sudah negatif Covid-19.

“Ketiganya dikarantina di Wisma Atlet dan tanpa gejala. Mereka sudah di-PCR kedua dan semua negatif,” kata Budi Sadikin dalam jumpa pers

Begini Omicron terdeteksi di RI:

8 Desember 2021
Menkes Budi mengatakan pasien merupakan pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet, Jakarta. Ada tiga orang yang yang diketahui positif Corona, dan salah satunya varian omicron.
“Pada tanggal 8 Desember sampelnya diambil secara rutin dari tim Wisma Atlet,” ucap Budi.

BACA JUGA:  Gibran Positif Corona, Sempat Bertemu Jokowi

10 Desember
Dua hari kemudian, sampel pasien itu dikirim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk diperiksa lebih lanjut. Badan Litbangkes Kemenkes melakukan genome sequencing terhadap sampel

“Jadi ada tiga pekerja pembersih di Wisma Atlet yang terkonfirmasi positif PCR-nya. Tiga data tersebut dikirim ke Balitbangkes untuk kita lakukan uji genome sequencing dan 1 dari 3 positif Omicron, yang dua tidak,” kata Budi.

15 Desember
Lima hari kemudian, pasien N dipastikan terjangkit Corona varian Omicron. Hal itu berdasarkan dua kali pengecekan.

“Tanggal 15 keluar hasilnya dari 3 orang ini 1 adalah Omicron. Yang dua bukan Omicron dan satu ini sudah double check dan memang terkonfirmasi Omicron,” katanya.

BACA JUGA:  447 Kamar di Lima Hotel Jadi Tempat Karantina PPLN

16 Desember
Budi mengatakan ketiga pasien tersebut dikarantina di Wisma Atlet. Ketiga pasien tersebut sudah dinyatakan negatif COVID-19 berdasarkan hasil tes PCR yang kedua.

“Ketiganya dikarantina di Wisma Atlet dan tanpa gejala. Mereka sudah di-PCR kedua dan semua negatif,” kata Budi.poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*