Ledakan di Masjid Kabul, Tewaskan 50 Jamaah

(Foto: Reuters/Omar Shobani)

JAKARTA,MENITINI.COM-Situasi mencekam terjadinya ledakan dahsyat yang menewaskan lebih dari 50 orang setelah salat Jumat di sebuah masjid Kabul. Hal ini merupakan kejadian terbaru dalam serangkaian serangan terhadap sasaran sipil di Afghanistan selama bulan suci Ramadhan.

Dikutip Reuters, Wakil Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Besmullah Habib, mengatakan ledakan itu menghantam Masjid Khalifa Sahib di barat ibukota pada sore hari, Jumat (29/4/2022).

Serangan itu terjadi saat jamaah di masjid Sunni berkumpul untuk melakukan Zikr. Zikr merupakan sebuah tindakan zikir yang dilakukan oleh beberapa Muslim tetapi dipandang sesat oleh beberapa kelompok Sunni garis keras.

Sayed Fazil Agha, kepala masjid, mengatakan seseorang yang mereka yakini sebagai pelaku bom bunuh diri bergabung dengan mereka dalam upacara tersebut dan meledakkan bahan peledak.

BACA JUGA:  Covid-19 Melonjak, Tiongkok Tutup Pusat Bisnis Shenzhen

“Asap hitam membumbung dan menyebar ke mana-mana, mayat ada di mana-mana,” katanya kepada Reuters, seraya menambahkan bahwa keponakannya termasuk di antara yang tewas. “Saya sendiri selamat, tetapi kehilangan orang yang saya cintai.” Warga Mohammad Sabir mengatakan dia telah melihat orang-orang yang terluka dimasukkan ke dalam ambulans. “Ledakannya sangat keras, saya pikir gendang telinga saya pecah,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*