Kamis, 18 Juli, 2024

Kebakaran di Gunung Batur. (Foto: BPBD Bangli)

BANGLI,MENITINI.COM-Kebakaran kembali terjadi di kawasan kaldera Gunung Batur, Bangli, Bali, tepatnya di Blok Rejeng TWA (Taman Wisata Alam) Gunung Batur Bukit Payang, Desa Batur Tengah pada Sabtu (14/10/2023). Hutan berupa semak belukar dan pepohonan yang terbakar diperkirakan mencapai 5 – 6 hektar.

“Penyebab kebakaran diduga dipicu karena gesekan ranting yang kering akibat saking panasnya cuaca di kawasan tersebut. Belum lagi hembusan angin yang kencang, siang-siang pula, sehingga api cepat merembet,” ucap Kapolsek Kintamani, Kompol Ruli Agus Susanto, dikonfirmasi Minggu (15/10/2023).

Kronologis awal kebakaran diketahui sekitar pukul 11.45 Wita. Seorang warga pertama kali melihat api muncul dari semak belukar yang merambat membakar pepohonan di TKP yang berada di dekat perkebunan milik masyarakat. Hal ini juga dilihat beberapa pengguna jalan yang melintas saat itu.

BACA JUGA:  Korban Meninggal Kebakaran Gudang LPG di Denpasar Bertambah Lagi, Total sudah 5 Orang Meninggal

“Saat itu, masyarakat sekitar telah berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya dan melaporkan kejadian tersebut kepada petugas KPHK Kintamani, Babinsa Batur Tengah dan Polsek Kintamani,” ungkapnya. 

Tindak lanjut dari itu, sekitar pukul 12.10 Wita, Petugas KPHK Kintamani, anggota Polsek Kintamani, dan Babinsa Batur Tengah tiba di TKP dan langsung berupaya memadamkan api menggunakan pompa air milik warga sekitar dan alat seadanya. Lalu Pukul 12.30 Wita, 1 unit mobil Damkar Pemkab. Bangli tiba di lokasi kebakaran dan langsung bekerja memadamkan api.

“Pukul 15.30 Wita, api sudah berhasil dikendalikan oleh petugas gabungan dan masyarakat dengan membuat sekat sehingga api tidak meluas,” ungkapnya. Meski api sudah bisa dipadamkan, namun hingga Sabtu petang petugas masih standby di lokasi kebakaran guna memastikan api benar-benar padam atau antisipasi munculnya api kembali. (M-003)

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Dua Masih Kritis, 16 Korban Meninggal Kebakaran Gudang LPG