Kamis, 18 Juli, 2024
Petugas Damkar Badung dan Denpasar serta pihak Kepolisian membantu menjinak api dan melakukan evakuasi korban meninggal.

Petugas Damkar Badung dan Denpasar serta pihak Kepolisian membantu menjinak api dan melakukan evakuasi korban meninggal. (Foto: istimewa)

BADUNG, MENITINI.COM – Peristiwa kebakaran hebat memakan korban terjadi di Darmasaba, Abiansemal. Kejadian Senin (31/7/2023) sekitar pukul 7.00 Wita itu merenggut nyawa satu anak berusia 9 tahun karena terjebak.

Selain merengut nyawa, si jago merah membakar habis unit usaha UD. Sanggah Sumber Rejeki, dan menyebabkan satu korban luka bakar dan satu mobil avanza dan tiga unit sepeda motor terbakar

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Badung, I Wayan Wirya membenarkan peristiwa itu. “Anak usia berusia 9 tahun jadi korban (meninggal), dan satu orang korban luka bakar yang merupakan pemilik dari usaha dagang tersebut,” kata Wirya.

Lebih lanjut dijelaskan, proses pemadaman api dilakukan oleh pihak Damkar Bandung dengan dibantu oleh Damkar Denpasar. Petugas pun sebut dia membutuhkan waktu satu jam untuk menjinakan kobaran api.

Selain korban nyawa dan korban luka bakar, kerugian harta benda ditaksir mencapai ratusan juta rupiah yang terdiri dari satu unit bangunan, satu unit mobil avanza dan tiga unit sepeda motor.

Untuk penyebabnya, kata Wirya masih dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian. “Untuk penyebab kebakaran masih ditangani forensik nike,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Badung  AKBP Teguh Priyo Wasono, S.I.K juga turun langsung bekerjasama dengan Damkar Kabupaten Badung dalam pengamanan kebakaran sebuah gudang UD. Sumber Rejeki di Jalan Raya Darmasaba Lingkungan Br. Darmasaba Desa Darmasaba Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung itu.

Teguh Priyo Wasono, S.I.K. menjelaskan kronologis kejadian berdasarkan keterangan saksi I Gede Merta. Dari keterangan karyawan gudang menyebutkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.00 wita. Awalnya Gede Merta merasakan panas saat berada di kamar dan selanjutnya keluar sudah melihat api besar di kamar paling timur/ kamar nomor satu.

Ia langsung berteriak minta tolong dan saksi Kadek Budi Adnyana terbangun berlari ke depan hendak menolong anak korban yang masih tertidur di kamar nomor dua. Namun tak bisa diselamatkan karena api sudah membesar. Sedangkan saksi tidak mengetahui korban berada di kamar tersebut dikira bersama ibu ke pasar.

“Dalam kebakaran tersebut terdapat 1 korban jiwa yakni anak dari pemilik gudang (saksi 2) bernama Ketut Sukawitama, jenis kelamin laki-laki, 9 tahun. Sementara untuk tafsir kerugian dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” ungkapnya didampingi Kabag Ops Kompol I Gede Made Surya Atmaja P., S.Sos. M.H., Kapolsek Abiansemal Kompol I Gusti Made Sudarma Putra, S.Sos.,S.H.,M.A.P., Kasat Reskrim AKP Aris Setiyanto, S.I.K. dan Kasat Sabhara AKP I Gede Budiarta, SH., MH. “Ya kita sudah lakukan upaya cepat dalam mencegah kebakaran yang lebih luas. Juga mengatur kemacetan lalu linta di jalan agar rekan-rekan dari pemadam kebakaran Kabupaten Badung tidak ada halangan di jalan, sehingga cepat tiba di TKP,” ujarnya.

“Saat ini Sat Reskrim Polres Badung melakukan olah TKP bersama Bid Labfor Polda Bali utk mengetahui penyebab dan asal mula kebakaran,” terangnya. Adapun barang/benda yang terbakar dalam kejadian tersebut antara lain bangunan dengan kamar sebanyak 4 unit, 1 unit mobil Daihatsu xenia, sepeda motor Supra X, Astrea Prima dan NMax. (M-003)

  • Editor: Daton

Berita Lainnya: