Di Beberapa Wilayah Ini, Masyarakat Diimbau Waspada Banjir dan Longosr

Foto udara perkampungan yang terkena longsor dan banjir bandang di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (14/10/2022).
Foto udara perkampungan yang terkena longsor dan banjir bandang di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (14/10/2022). (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Tado/wsj/pri.)

JAKARTA,MENITINI.COM-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap hujan lebat yang dapat mengakibatkan longsor dan banjir di sebagian wilayah di Indonesia.

Dari lama resmi BMKG, disebutkan wilayah Sumatera Utara berpotensi hujan lebat di pegunungan, lereng timur dan pesisir timur yang dapat mengakibatkan longsor dan banjir.

Sementara untuk sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang, diminta untuk mewaspadai adanya banjir, tanah longsor, angin kencang, kilat dan pohon tumbang.

Peringatan hujan lebat disertai kilat, dan angin kencang juga terjadi di wilayah Aceh, DKI Jakarta, Gorontalo, Lampung, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Bagi yang berada di wilayah Jawa Timur, waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Mojokerto dan Gresik.

BACA JUGA:  Gempa Magnitudo 6,2 Mengguncang Aceh Singkil

Siang sampai sore hari di wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso. Malam hari di wilayah Surabaya, Gresik, Tuban dan Bangkalan.

Hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai angin kencang pada siang dan sore hari juga akan terjadi di Bengkulu, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sumatera Barat.

Hujan pada siang dan malam dengan intensitas sedang hingga lebat juga terjadi di wilayah Sulawesi Tengah dan Sumatera Selatan dengan durasi singkat. Dan Kalimantan Utara akan berpotensi hujan sedang dan lebat pada sore, malam dan dini hari.

Wilayah dengan hujan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang berdurasi singkat juga akan terjadi di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Maluku, Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA:  Gelombang Rossby, Waspadai Ancaman Sambaran Petir di NTT

Sulawesi Utara juga akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang di wilayah Bolmong, dan Bolmong Utara. Dan Sulawesi Tenggara diperkirakan akan berpotensi hujan disertai guntur. Potensi angin kencang dan hujan petir juga akan terjadi di wilayah Provinsi Riau dengan intensitas hujan sedang hingga lebat pada malam hari. Perkiraan ini juga akan terjadi di wilayah Papua, Papua Barat, Banten, dan Jambi.

Sumber: ANTARA