370 Mahasiswa dari 143 Kampus di Indonesia Berkumpul di Mataram, Ada Apa?

MATARAM, MENITINI.COM  – Sebanyak 370 mahasiswa yang berasal dari 143 perguruan tinggi di seluruh Indonesia berhasil lolos seleksi Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) batch 4 di Universitas Mataram (Unram). 

Penyambutan kedatangan ratusan mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia ini dilakukan Rektor Unram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D.  

Menurut Rektor, sebanyak 370 mahasiswa yang mengikuti program PMM di Unram kali ini, telah mampu menyisihkan 9.600 lebih mahasiswa yang sudah mendaftar dalam program tersebut. 

Nantinya, ratusan mahasiswa ini akan berkuliah selama satu semester di Unram. 

“Selamat datang di Unram, saya yakin kalian akan banyak melihat unforgettable places, unforgettable moments, unforgettable events, selama di Unram dan selama berada di Lombok,” ujar Prof Bambang dalam sambutannya, Sabtu (24/2) kemarin

BACA JUGA:  Gelar Lomba Debat dalam Peringatan Bulan Bahasa Bali di Kabupaten Jembrana

Sementara itu, aalah satu mahasiswa peserta program PMM 4 inbound Unram tahun 2024, Annisa Rukhillah Nur Fahturosa mengaku, bahwa alasannya memilih Unram, lantaran  karena tertarik dengan Pulau Lombok. Serta, tertarik setelah mengetahui program PMM batch sebelumnya di Unram.

“Alasan memilih Unram karena sering liat PMM 3 di TikTok kayak seru gitu dan tertarik buat mengeksplor Lombok. Kesan pertama waktu baru datang tuh rektoratnya bagus, terus pas masuk ke dalam ternyata asri dan lumayan luas. Menurutku mahasiswa Unram ramah-ramah banget. Untuk target sendiri yang utama pastinya pengen nilai akademiknya aman, terus memperbanyak relasi, dan bisa explore lombok lebih luas,” jelas dia. 

Terpisah, Koordinator perguruan tinggi PMM Unram, Aurelius Rofinus Lolong Teluma, S.S., M.A, mengatakan bahwa  para peserta PMM 4 akan melakukan kuliah, seperti biasa di fakultas-fakultas, di prodi masing-masing. 

BACA JUGA:  Pengamat Minta Pemerintah Perlu Bangun Lembaga Khusus Pengembangan Vokasi

Teknisnya,  mereka ada yang satu prodi hingga  lintas prodi.  “Jadi mereka menikmati seluruh prodi yang ada di Unram. Kemudian, setelah itu mereka juga akan laksanakan 16 Modul Nusantara, kami juga sudah merencanakan akan ada festival budaya yang cukup besar,” ujarnya. 

Aurelius mengatakan, bahwa dari 400 kuota yang tersedia untuk Unram, setidaknya ada 390 mahasiswa yang berhasil lolos seleksi dan 370 mahasiswa berhasil mengkonfirmasi keikutsertaan dalam program PMM 4. 

Nantinya 370 peserta program PMM 4 inbound Unram tahun 2024 akan menjalani perkuliahan selama 1 semester di Unram dan mengikuti 16 paket Modul Nusantara yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa tentang kebudayaan Provinsi NTB.

“Dan yang utama ratusan mahasiswa berbagai daerah di Indonesia ini juga akan melakukan program pengabdian kepada masyarakat melalui kontribusi sosial,” tandas Aurelius Rofinus Lolong Teluma. (M-003)

  • Editor: Daton