Kamis, 18 Juli, 2024

Timnas Indonesia sukses mengalahkan Turkmenistan dengan skor 1-0 pada laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023). (Foto: Dok. PSSI)

JAKARTA,MENITINI.COM-Timnas Indonesia sukses mengalahkan Turkmenistan dengan skor 1-0 pada laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/2023).

Pada laga tersebut, kedua tim bermain hati-hati di menit-menit awal. Turkmenistan melakukan percobaan tendangan ke arah gawang.

Setelah itu, timnas Indonesia menguasai jalannya laga. Berkali-kali mencoba membongkar pertahanan Turkmenistan.

Hasilnya tercipta pada menit ke-19. Bola umpan panjang Jordi Amat dihalau bek Turkmenistan. Bola jatuh ke kaki Dendy Sulistyawan. Striker Bhayangkara FC itu melepaskan tembakan parabol dari luar kotak penalti. Skor 1-0 untuk timnas Indonesia.

Turkmenistan hampir membobol gawang Timnas Indonesia, andai bola tendangan kaki kiri sang kapten, Tagayev Elman tidak melebar tipis di samping kanan gawang Nadeo. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA:  Marselino Fokus Jelang Laga Indonesia versus Irak dan Filipina

Pada babak kedua, timnas Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, Egy Maulana Vikri mencetak gol melalui sepakan kaki kiri. Skor 2-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Seusai laga, pelatih Shin Tae-yong mengatakan bahwa saat babak pertama dirinya menggunakan formasi 3-5-2 dengan tiga pemain bertahan di belakang, kemudian pada babak kedua menggunakan formasi 4-5-1 dan fokus menyerang.

Namun pada menit terakhir, lanjutnya, timnas Indonesia senior menggunakan formasi 3-4-3 dan semua pemain mengikuti instruksinya dengan baik.

“Dari hasil itu kami akhirnya menang. Ada beberapa pemain inti yang harus berada di U-23, jadi pemain saat ini belum lengkap. Apresiasi kepada pemain yang telah bermain baik dan mampu meraih kemenangan malam ini, ” kata Shin Tae-yong.

BACA JUGA:  Justin Hubner Siap Tambah Kekuatan Lini Belakang Tim U-23 di Piala Asia

Selain itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut juga mengapresiasi penjaga gawang Nadeo Argawinata yang cukup banyak melakukan penyelamatan meskipun masih ada kesalahan yang dilakukan.

“Nadeo bermain bagus, dia cukup banyak melakukan save, meskipun melakukan beberapa kesalahan tapi hal itu ditutup dengan penyelamatan yang bagus. Semua pemain yang kami panggil, merupakan pemain yang bermain bagus di klub asalnya, termasuk Nadeo dan Egy, namun jika ada yang bermain tidak baik di klubnya saya tidak akan panggil lagi,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pencetak gol dalam pertandingan melawan Turkmenistan yakni Dendy Sulistyawan mengatakan dalam laga tersebut semua pemain telah bekerja keras karena telah menjalani persiapan yang baik.

BACA JUGA:  Ini 22 Pemain Timnas Indonesia Lawan Irak dan Filipina

“Dalam permainan ini semua pemain bermain cukup bagus karena telah bekerja keras semua,” katanya.

  • Sumber: PSSI
  • Editor: Daton