Sabtu, 18 Mei, 2024

Pelatih Timnas Guinea, Kaba Diawara. (Foto: Fifa.com)

JAKARTA,MENITINI.COM-Timnas U-23 Indonesia akan melawan Guinea di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5). Ini merupakan laga penentuan untuk memperebutkan satu tiket terakhir di cabang sepak bola putra Olimpiade 2024 Paris.

Pelatih Guinea U-23, Kaba Diawara, memperkirakan pertandingan lawan Timnas Indonesia U-23 di Playoff Olimpiade 2024 bakal ketat dengan adu fisik.

Diawara mengatakan persiapan timnas Guinea U-23 jelang melawan Indonesia berjalan dengan baik. Mantan pemain Arsenal dan PSG itu menyebut sejumlah faktor yang bisa membuat timnya mengalahkan Indonesia, yakni fisik dan mental tim yang bagus.

Pelatih 48 tahun itu sadar Guinea U-23 butuh penyesuaian, karena kali terakhir bertanding bulan lalu dalam uji coba lawan Amerika Serikat. Turnamen teranyar yang diikuti pun sudah berlangsung hampir satu tahun, yakni Piala Afrika U-23 2023 yang bergulir Juli tahun lalu.

BACA JUGA:  Ini Kriteria Pemain untuk Tim U-17 Wanita

Karena itu Diawara ingin meningkatkan kekompakan antar-pemain. Ia ingin timnya punya kualitas komunikasi yang baik untuk menghadapi Timnas Indonesia U-23.

“Kami harus menyatukan satu sama lain antara para pemain muda ini terutama bagi mereka yang jarang mengajukan pertanyaan. Jadi tidak ada boleh kesenjangan di antara kami. Begitu caranya untuk saling percaya dan beradaptasi. Itu tugas kami,” ucap Diawara.

Seperti Timnas Indonesia U-23, Guinea harus menjalani babak playoff Olimpiade 2024 karena sama-sama berstatus tim peringkat empat pada turnamen kontinental masing-masing.

Indonesia kalah dari Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. Sedangkan Guinea kalah dari Mali untuk jadi tim terbaik ketiga.

BACA JUGA:  Tim U-17 Wanita akan Laga Perdana Melawan Filipina di Gianyar

Nantinya pemenang babak playoff akan bergabung di Grup A. Sudah ada tuan rumah Prancis yang menunggu di sana bersama Amerika Serikat dan Selandia Baru. (Sumber: CNNIndonesia)

  • Editor: Daton