Setahun Sudah Rontok, Ornamen Balai Budaya Giri Nata Mandala di Puspem Badung Belum Diperbaiki

BADUNG,MENITINI.COM– Ornamen Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala di Puspem Badung yang rontok pada salah satu sisi tak kunjung diperbaiki. Padahal gedung mewah ornamen dengan bata merah itu telah rontok sekitar Mei 2023. Berdasarkan pantauan, Selasa (6/2/2024) bagian yang rusak masih dibungkus dengan jaring berwarna hitam sebagai penutup.

Saat dimintai komentar, Sekretaris Daerah Badung, Wayan Adi Arnawa, enggan memberikan tanggapan yang detail. Namun, dia menyatakan bahwa proyek perbaikan dengan anggaran ratusan miliar tersebut dipastikan akan selesai. “Ya pasti selesai (perbaikan -red), sudahlah (jangan dibahas -red),” ucapnya singkat sebelum meninggalkan awak media.

Proyek perbaikan ini sebelumnya dikerjakan oleh PT Tunas Jaya Sanur dengan anggaran sebesar Rp 360 miliar dan selesai pada akhir Agustus 2019.

BACA JUGA:  Aktif Berkontribusi pada Kelestarian Alam dan Budaya, Mbah Sukoyo Menerima Anugerah Amartha Local Heroes

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), IB Surya Suamba, menjelaskan bahwa rontoknya ornamen disebabkan oleh masalah pemasangan bata yang tidak baik, namun tanggung jawab perbaikan masih berada pada rekanan, mengingat bangunan ini masih dalam masa pemeliharaan.

“Jadi masih tanggung jawab penyedia terkait jaminan konstruksi ini. Sehingga kita tidak mengeluarkan anggaran untuk perbaikannya lagi,” jelasnya. (M-003)

  • Editor: Daton