Rabu, 29 Mei, 2024

Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA,MENITINI.COM-Mabes Polri mengungkap bos narkoba jaringan internasional, Fredy Pratama masih berada di Thailand. “Masih di sana, Thailand,” ujar Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa kepada wartawan Rabu (25/10/2023) seperti dikutip dari Humas Polri.

Mukti mengatakan, Fredy sulit dibawa ke Indonesia karena mertuanya merupakan kartel narkoba. “Kan saya bilang bapaknya kartel, mertuanya kartel. Susah kalau kartel,” ujarnya.

Mukti menyebut, kepolisian setempat juga kesulitan menangkap Fredy lantaran faktor kartel tersebut. “Dia berani enggak pertanyaannya itu sekarang. Kartel bapaknya, kan lebih kejam daripada kita,” katanya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah mengungkap kasus kejahatan lintas negara terkait narkotika dan pencucian uang yang melibatkan jaringan kriminal berkelas kakap, termasuk Fredy Pratama.

BACA JUGA:  Rakor Ops Ketupat, Kapolri persiapkan Mudik 2024 Aman-Lancar

Fredy Pratama yang dikenal dengan nama samaran The Secret, Cassanova, Mojopahit, dan Air Bag, mengendalikan operasi narkoba di Indonesia dari Thailand.

Kabareskrim Polri, Komjen Wahyu Widada sebelumnya juga mengungkapkan, sindikat narkoba ini memiliki struktur yang terorganisisasi dengan peran masing-masing, termasuk bidang operasional, keuangan, pembuatan dokumen, dan pengumpulan uang. Mereka menggunakan aplikasi komunikasi khusus dan banyak rekening bank yang berbeda. *

  • Sumber: Humas Polri
  • Editor: Daton