Penanganan Darurat Akibat Gempa, Pemprov Maluku Kirim Bantuan ke KKT

Kepala BPBD Maluku, Ismail Usemahu.
Kepala BPBD Maluku, Ismail Usemahu. (Foto: M-009)

AMBON,MENITINI.COM – Pemerintah Provinsi Maluku segera menyalurkan bantuan kepada warga yang mengalami dampak gempa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Bantuan itu berupa beras, selimut, dan obat-obatan.

Gempa yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar terasa hingga ke beberapa daerah, seperti MBD, Maluku Tenggara, Aru, Kota Tual, SBB, SBT, Maluku Tengah, Buru, dan Kota Ambon.

Pemerintah Provinsi Maluku lewat Kepala BPBD Maluku, Ismail Usemahu, mengatakan bantuan akan disalurkan menggunakan kapal Sabuk Nusantara 71 yang bertolak dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

“Pemprov segera mengirim bantuan beras. Rencananya sebentar kita kirim dengan menggunakan kapal laut ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada pukul 16:00 WIT, “kata Ismail Usemahu di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (10/1/2023) siang.

BACA JUGA:  Bali Waspada Peredaran Narkoba Jelang Tahun Baru

Menurut Usemahu, bantuan akan diterima oleh camat, dan langsung disalurkan kepada masyarakat yang terdampak gempa. Bantuan yang dikirim merupakan bantuan darurat dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan.

“Nanti Camat di sana akan menerima bantuan dari Provinsi dan mengatur mekanisme penyaluran bantuan tersebut. Ada bantuan dari Pemda Maluku, ada dari Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan yang punya stok untuk bantuan darurat,” jelas Usemahu. (M-009).

Kepala BPBD Maluku, Ismail Usemahu.