Kementerian LHK Anugerahkan Adiwiyata untuk Sekolah Peduli Lingkungan

Wamen LHK Alue Dohong dan Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Iwan Syahril berfoto bersama penerima penghargaan Adiwiyata di Jakarta, Kamis (1/12/2022).
Wamen LHK Alue Dohong dan Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Iwan Syahril berfoto bersama penerima penghargaan Adiwiyata di Jakarta, Kamis (1/12/2022). (Foto: ANTARA/Prisca Triferna)

JAKARTA,MENITINI.COM– Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang dinilai memiliki komitmen tinggi dan berhasil melakukan program pendidikan peduli lingkungan hidup di wilayah sekolah masing-masing.

Dalam acara penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional 2022 di Kantor KLHK di Jakarta, Kamis (1/12/2022), Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong mengatakan kontribusi sektor pendidikan sangat diharapkan untuk mencapai target iklim Indonesia.

“Karena generasi muda adalah stakeholders penting untuk dapat mengawal tercapainya kebijakan perubahan iklim di Indonesia,” kata Wamen LHK Alue seperti dikutip Berita ANTARA.

Untuk itu, pihaknya mendorong sekolah-sekolah melakukan peningkatan pembiasaan perilaku ramah lingkungan di wilayah sekolah termasuk pengelolaan sampah, konservasi energi dan air, menanam dan memelihara pohon serta menjaga kebersihan sanitasi dan drainase. “KLHK juga mendukung terciptanya inovasi-inovasi yang terkait perilaku ramah lingkungan dan pembelajaran pendidikan lingkungan,” ujar Alue.

BACA JUGA:  Warga Jakarta Diajak Memilah Sampah dari Rumah

Dalam kesempatan itu Alue menyampaikan rasa terima kasih atas peran sekolah serta individu di dalamnya termasuk guru dan siswa yang selama bertahun-tahun sudah berkontribusi dalam pengembangan kualitas lingkungan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril di acara yang sama juga memberikan apresiasi atas peran sekolah dalam gerakan peduli lingkungan.

Dia mendorong agar sekolah-sekolah yang sudah mendapatkan penghargaan tersebut untuk mengajak sekolah lain menerapkan pendidikan peduli lingkungan.

“Melalui prinsip-prinsip penghargaan Adiwiyata warga sekolah dan seluruh ekosistem pendidikan di Indonesia diajak untuk lebih peduli dan lebih bertanggung jawab dalam menyelamatkan alam lingkungan sekitarnya,” ujar Dirjen

BACA JUGA:  Konsorsium In2Food, Ciptakan Solusi Masalah Sampah Makanan

Dalam acara itu, KLHK menyerahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri 2022 kepada 94 sekolah. Sementara penghargaan Adiwiyata Nasional 2022 diberikan kepada 305 sekolah yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Sumber: ANTARA