Kejurnas Sprint Rally 2024 Digelar di Sirkuit Legendaris di Jembrana 

JEMBRANA,MENITINI.COM-Pertamax Turbo Kejurnas Sprint Rally 2024 di Jembrana, Bali resmi dibuka. Ajang bergengsi itu dijadwalkan berlangsung selama dua hari, pada 3-4 Februari 2024.

Event yang digelar di Sirkuit Perancak yang telah beroperasi sejak tahun 1987, akan menjadi event pembuka dan ajang riang gembira para perally terbaik Tanah Air. Event itu sekaligus sebagai penghapus dahaga pengiat otomotif nasional karena sempat vakum 17 tahun lamanya.

Hampir seluruh perally terbaik, baik dari tim maupun privater telah confirm ikut serta, seperti tim besar Toyota Gazoo Racing Indonesia, LFN Sederhana Motorsport, HRVRT, Jhonlin Racing Team, DMO Garage, Delta Garage, AHSRT, Suade, BART, Nafsat Auto Sport, Kartika Sari Motorsport, RAC Motorsport hingga Bintang Automotive akan berpartisipasi. 

BACA JUGA:  Porsche Sprint Challenge Indonesia Final Round: Aldio Oekon Juara Umum Endurance Race Season 2023

Event digelar Sabtu dan Minggu di SS (Special Stage) sepanjang 4,7 km di atas lintasan full gravel (tanah), masing-masing 2 SS sehingga perally harus melahap total 4 SS sepanjang 18,8 km. 

Sirkuit Perancak ini menjadi Sirkuit Legendaris yang sudah ada dari tahun 1987 yang tidak henti-hentinya menyelenggarakan event-event otomotif. 

“Setiap 6 bulan sekali kita melaksanakan event otomotif yaitu motorcross dan gesstrek, dulu juga sempat ada road race dan juga ada offroad,” ucap Wabup Ipat saat menghadiri press conference, Rabu (31/1/2024) di Sirkuit Perancak.

Wabup Ipat juga berharap adanya kegiatan Sprint Rally yang menghadirkan banyak orang, dapat sekaligus mendukung perekonomian Kabupaten Jembrana. 

“Event ini juga merupakan salah satu metode untuk memikat dan menstimulus generasi muda jembrana, dan tentu harapannya dapat meningkatkan PAD, meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya. 

BACA JUGA:  Beasiswa Mahasiswa Jembrana Berprestasi Tahap II Tahun 2023 Diserahkan

Sementara itu, Ketua Panitia Pertamax Turbo Sprint Rally Eryanto Subaktiawan mengungkapkan Jika ada pertanyaan kenapa di Jembrana, Bali, ada jawaban yang sangat menarik. 

“Salah satunya karena terakhir event Sprint Rally di Bali sudah hampir 20 tahun lalu, dan belum ada event lagi. Sedangkan saat itu, Sprint Rally di Bali bener-bener waah sekali. Banyak penggemarnya,” ungkapnya. 

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengatakan untuk seri terakhir juga akan dilaksanakan di Bali untuk putaran terakhir Kejuaraan Nasional Sprint Rally. 

“Sejauh ini sudah ada 70 peserta startter yang sudah siap berlaga namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi dengan waktu hingga 2 hari mendatang,” kata Eryanto Subaktiawan. 

BACA JUGA:  Memahami Spare Part Kendaraan Asli

Di lain sisi, Rifat Helmy Sungkar sebagai Pembalap Indonesia yang telah meraih banyak prestasi di arena reli nasional maupun internasional turut ikut serta dalam Pertamax Turbo Kejurnas Sprint Rally 2024 di Sirkuit Perancak Jembrana. 

“Dengan diselenggarakannya Pertamax Turbo Sprint Rally 2024 ini oleh bintang otomotive evortnya sangat luar biasa, bisa benjadi contoh positif dan saya yakini nantinya bisa meningkatkan pendapatan daerah dan pengembangan di sektor pariwisata,” ujarnya. 

Terakhir, dirinya juga berharap untuk kedepannya Sirkuit Perancak ini bisa dijadikan menjadi Rally Schooll yang pertama. 

“Sirkuit ini memang memiliki lintasan yang unik, mungkin juga bisa menjadi sentral yang sangat baik bagi perally,” tandasnya. (M-011)

  • Editor: Daton