Minggu, 26 Mei, 2024

JAKARTA,MENITINI.COM-Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Apple tetap berkomitmen untuk merealisasikan investasinya di Indonesia. Ia meyakini hal itu hal mengingat adanya rencana pembangunan Apple Developer Academy keempat yang akan dibangun di Bali.

“Apple jalan dong, kan mereka akan bangun akademi keempat,” kata Menperin, dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (4/5/2024).

Sebelumnya, ada narasi di unggahan Instagram yang menyebutkan bahwa untuk membuat smartphone ada 360 komponen yang harus diproduksi. Jika Apple membuka pabrik di Indonesia, mungkin hanya ada 2 yang bisa diproduksi lokal. Sisanya ujung-ujungnya harus impor dari luar, yang pastinya Indonesia dirasa ‘belum siap’. Namun narasi ini dibantah.

Menperin Agus menjelaskan khusus untuk Apple, pemerintah menerapkan penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang berbeda dengan sektor lainnya. Penghitungan tersebut berdasarkan nilai investasi yang sudah diberikan oleh perusahaan Apple terhadap ekonomi Indonesia.

BACA JUGA:  Mau Momen Ngabuburit Yang Epic? Ini Tips Ngonten Pakai Galaxy S24 Series

Saat ini rencana realisasi investasi Apple di tanah air menyentuh angka Rp1,6 triliun. Menurut Menperin Agus, angka tersebut masih belum mencukupi. “Sudah mendekati Rp1,6 triliun, tapi itu pun bagi saya gak cukup, belum cukup, belum cukup,” ujarnya.

  • Editor: Daton

TERKAIT