Indonesia-Timor Leste Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi Bilateral

Presiden Joko Widodo dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta menyampaikan pernyataan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, pada Selasa, 19 Juli 2022.
Presiden Joko Widodo dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta menyampaikan pernyataan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, pada Selasa, 19 Juli 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

JAKARTA,MENITINI.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta, mengadakan pertemuan bilateral yang membahas berbagai kerja sama bilateral dengan terbuka dan bersahabat di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, (19/07/2022).

Dalam pertemuan tersebut, komitmen penguatan kerja sama ekonomi antara kedua negara menjadi fokus pembahasan.

Dalam pernyataan pers bersama selepas pertemuan bilateral, Presiden Jokowi menyampaikan lima poin yang menjadi pembahasan antara kedua negara. Pertama, kedua negara sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan antara kedua negara.

“Dengan melihat tren perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan,” ujar Presiden Jokowi.

Kedua, Presiden Jokowi dan Presiden Ramos-Horta juga bersepakat untuk memperkuat konektivitas, baik di darat maupun di laut. Untuk jalur darat, Presiden Jokowi berharap peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan. “Untuk konektivitas laut, saya menilai pentingnya untuk membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin,” imbuhnya.

BACA JUGA:  BNPT Sebut Politisasi Agama Bisa Picu Radikalisme dan Terorisme