Transmisi Lokal Klaster Pasar Penyebab Pasien Covid-19 di Denpasar Tambah 30 Orang

Pedagang pasar jalan Swab Test

DENPASAR, MENITINI.COM- Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, menjelaskan, kasus positif Covid-19 di Denpasar meningkat signifikan. Dalam sehari sebanyak 30 orang dinyatakan positif Covid-19.  

“Peningkatan didominasi transmisi lokal klaster pasar. Kasus sembuh 8 orang setelah menjalani perawatan. Namun kasus positif meningkat sebanyak 30 orang untuk hari ini. Itu akibat transmisi lokal. Jadi, kembali kami mengingatkan masyarakat lebih waspada dan disiplin terapkan protokol kesehatan,”  kata Dewa Gede Rai, Rabu (17/6/2020).

Melihat perkembangan kasus Covid-19 di Denpasar yang didominasi penyebaran transmisi lokal klaster pasar, ia menekankan kewaspadaan bersama harus terus ditingkatkan. “Tren kasus saat ini terus meningkat karena fokus GTPP untuk menemukan kasus. Sembari itu berjalan, masyarakat diharapkan lebih waspada karena siapa saja bisa jadi carrier. Untuk sementara jangan berkumpul dan lebih disiplin ikuti protokol kesehatan,” kata Dewa Rai.

BACA JUGA:  Umumkan Struktur DPP PDIP, Hasto Sekjen Lagi

Ia menjelaskan, pihaknya berusaha untuk menelusuri kasus yang terjadi. Sebab kalau tidak terdeteksi, ini bisa jadi ancaman akan penyebaran yang lebih luas dan nantinya bisa lebih membahayakan. Pihaknya kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan. “Peningkatan kasus akibat transmisi lokal belakangan ini menunjukkan tren semakin meningkat. Hal ini memerlukan upaya disiplin dan sungguh-sugguh masyarakat,” tegasnya.

Dewa Rai memaparkan, secara kumulatif kasus Covid-19 di Kota Denpasar saat ini sebanyak 241 kasus positif.

Berikut rincian sebagai berikut: 104 sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 135 orang masih dalam perawatan. Sementara status Orang Tanpa Gejala (OTG) saat ini tersisa 810 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) masih tersisa 35 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersisa 72 orang.

BACA JUGA:  Satu Keluarga di Kota Denpasar Produksi Sampah Sisa Makanan 0,34 Kilogram Perhari

“Selain kasus positif, keberadaan OTG hasil penelusuran Tim Gugus Tugas Covid-19 bersama Desa/KeLurahan juga mengalami peningkatan. Ini  menjadi ancaman penularan baru.  Untuk itu, perlu  meningkatkan kewaspadaan,” pintanya.  edo/poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*