TNI AL Amankan Dua Pemuda Sembunyi di Bak Truk Agar Lolos Pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk

Personil TNI AL melakukan memeriksaan truk yang memuat dua pemuda tanpa dokumen kesehatan Covid-19

BALI, MENITINI.COM Aparat TNI Angkatan Laut (AL) Denpasar menggagalkan dua pemuda yang masuk bak truk dengan ditutupi terpal, agar lolos pemeriksaan  petugas ketika  hendak menyeberang di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali.

“Tim Satuan Tugas Pengamanan Pergerakan Orang di Pelabuhan yang dipimpin Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan itu, menggagalkan dua orang yang berusaha menghindari pemeriksaan petugas dengan bersembunyi dalam bak truk yang ditutupi terpal,” kata Komandan Lanal Denpasar Kol Laut (P) Ketut Budiantara dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Senin (8/6).

Menurut Danlanal Denpasar itu, awalnya anggota tim Satgas Pam menerima informasi dari petugas ASDP Pelabuhan Gilimanuk pada Jumat (5/6) lalu bahwa dua unit truk warna hijau bermuatan kaca dicurigai menyelundupkan orang untuk menghindari pemeriksaan protokol kesehatan Covid-19.

BACA JUGA:  Di Jabar 951 Orang Positif Covid-19, 96 Sembuh, 78 Meninggal

“Mendapat informasi tersebut, tak butuh waktu lama pada saat kedua truk keluar dari pintu 2 (area LCM), anggota satgas Pam dengan sigap langsung memberhentikan dan melakukan penggeledahan. Terbukti dari hasil pemeriksaan dan penggeledahan ditemukan dua orang bersembunyi di dalam bak truk yang ditutupi terpal,” kata Budiantara.

Selanjutnya, kedua orang dan sopir truk dibawa ke pos untuk dilaksanakan verifikasi dokumen ASDP Pelabuhan Gilimanuk. Berdasarkan keterangan yang diperoleh, sopir truk atas nama GA (30) dan AM (28) bahwa mereka bekerja di PT BMG (Bintang Mas Glassolution) berangkat dari Malang bersama dua kernet atas nama SA (32) dan SI (34).

Namun, karena jumlah orang melebihi kapasitas tidak sesuai aturan protokol Covid-19 dan mereka juga tidak memiliki Surat Keterangan Sehat dan hasil tes cepat, maka mereka memutuskan untuk menyembunyikan diri dalam bak truk dan ditutup terpal supaya bisa masuk ke Bali.  “Akhir-akhir ini marak terjadi penumpang yang mencoba menyeberang masuk, tetapi tidak mempunyai kelengkapan surat kesehatan di Pelabuhan Gilimanuk, namun kita berlakukan prosedur penanganan dengan tetap menerapkan standar protap  Covid-19,” katanya.

BACA JUGA:  Pilkada Serentak 2020 Resmi Ditunda

Sebelumnya, Lanal Denpasar yang berada di bawah komando Lantamal V, jajaran Koarmada II melaksanakan pengamanan kedatangan PMI (Pekerja Migran Indonesia) bersama Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dari Kapal MV Shoei Maru No.7 yang lego jangkar di perairan Tanjung Benoa Bali, Selasa (2/6). aby

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*