Menolak Bicara dengan Putin, Zelenksy Terbitkan Dekrit

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (foto: net)

JAKARTA,MENITINI.COM-Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pernyataannya pekan lalu mengatakan negosiasi dengan Rusia mungkin saja dilakukan, tetapi bukan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Bahkan Volodymyr Zelensky telah menerbitkan dekrit yang ditandantanginya pada Selasa (4/10/2022).

Dekrit itu juga untuk memberlakukan keputusan Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional (NSDC) bahwa “tidak mungkin” mengadakan pembicaraan dengan orang nomor satu di Rusia itu.

“Dia (Putin) tidak tahu apa itu martabat dan kejujuran. Karena itu, kami siap untuk berdialog dengan Rusia, tetapi dengan presiden Rusia lainnya,” kata Zelensky.

Dengan dekrit itu, Zelensky juga menginstruksikan pemerintah untuk menyiapkan proposal pembuatan sistem jaminan keamanan multi-level yang dirancang untuk meningkatkan potensi pertahanan Ukraina.
Pada Jumat pekan lalu, Zelensky mengeluarkan keputusan untuk memberi sanksi terhadap beberapa ribu badan hukum Rusia dan individu swasta serta terhadap penyelenggara referendum di Donetsk, Lugansk, Zaporozhye dan Kherson. Sanksi itu diluncurkan sesaat setelah Putin menandatangani aksesi keempat wilayah yang menyatakan ingin bergabung dengan Rusia sesuai hasil referendum.

BACA JUGA:  Terinjak-injak Saat Akan Ziarah, Tiga Jamaah Kuil Hindu di India Tewas

Sumber: RMOL.ID