Hari Gizi Nasional : Pentingnya Diet Sehat dan Gizi Seimbang

DENPASAR, MENITINI.COM – Setiap tanggal 25 Januari, masyarakat Indonesia merayakan Hari Gizi Nasional. Pernahkah Anda menyadari momen ini sebelumnya?

Sejarah singkat, momen ini merupakan upaya perbaikan gizi bagi masyarakat Indonesia, yang ternyata sudah ada sejak tahun 1950. Menteri Kesehatan saat itu bersama kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) mencetuskan promosi gizi dan diet yang baik supaya masyarakat menyadari kepentingan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Tentunya, kedua lembaga ini tidak bergerak sendirian. Setahun setelahnya, tepatnya tahun 1951 berdirilah Sekolah Juru Penerang Makanan yang khusus mendidik tenaga gizi di bawah binaan Lembaga Penelitian Kesehatan.

Peringatan secara resmi Hari Gizi Nasional baru mulai sejak tahun 1960-an. Tidak hanya seputar 4 sehat 5 sempurna, peringatan selalu memiliki tema gizi sesuai kondisi relevan tiap tahunnya. Pada tahun 2021 lalu, tema peringatan seputar remaja dan anemia. Memasuki peringatan ke-62 Hari Gizi Nasional, tema gizi membahas seputar aksi pencegahan stunting dan obesitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*